9 Aplikasi Baca Manga Terbaik 2019 Untuk Android yang Bisa Dibaca Offline

in , ,

Membaca manga memang bisa menjadi hobi siapapun mulai dari umur remaja hingga dewasa. Koleksi yang lengkap, kemudahan UI, hingga kemampuan untuk menyimpan komik favorit menjadi suatu pertimbangan sendiri dalam memilih aplikasi ataupun website manga untuk kita baca. Pada list kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi yang patut kalian install di smartphone kalian, karena mayoritas aplikasinya adalah gratis so tunggu apa lagi?, ini dia 9 aplikasi baca manga yang patut kalian baca.


1. Tachiyomi

Price: Gratis Tanpa Iklan

Merupakan app baca manga yang terbilang sangat lengkap serta underated. Bagaimana tidak, dimana kebanyakan aplikasi baca manga memiliki website manga khusus atau tersedia di playstore, berbeda dengan Tachiyomi yang hanya tersedia di Github. Namun karena memang aplikasi ini merupakan open source dan juga dikembangkan oleh komunitas sehingga tak ada layanan perbulan ataupun iklan yang mengganggu kalian nantinya. Terdapat ratusan website extension yang bisa kalian install, mulai dari manhwa hingga manga. Fitur yang terus dikembangkan seperti library, cara membaca dan masih banyak lagi. Kekurangan utama dari Tachiyomi ialah masih banyak sekali bug dari aplikasi ini.

Kalian bisa mendownload Tachiyomi disini.


2. Kiryuu

Price: Gratis, Iklan Per-Komik

Merupakan satu dari beberapa aplikasi baca manga berbahasa Indonesia diluar sana, Kiryuu memiliki keunggulan tersendiri dibanding beberapa pesaingnya. Dengan koleksi yang terbilang sangat update dan lengkap Kiryuu terbilang cukup populer bagi penggemar manga berbahasa Indonesia. Salah satu keunggulan Kiryuu ialah kalian bisa mendownload manga mana yang nantinya ingin kalian baca, sehingga aplikasi ini tak terlalu bergantung dengan koneksi internet. Kekurangan utamanya ialah banyak ads yang harus kalian lalui kala ingin membaca satu buah judul komik.

Kalian bisa memilih aplikasi Kiryuu disini sesuaikan dengan kebutuhan kalian.


3.  Mangaindo

Price: Gratis, Iklan Sekali

Serupa dengan Kiryuu, Mangaindo juga merupakan satu dari sekian aplikasi baca manga yang ada di Internet. Mengambil koleksi komik dari websitenya langsung, aplikasi Mangaindo bisa dibilang cukup mirip dengan Kiryuu. Kekurangan utama yang ada di Mangaindo ialah UI yang kurang apik, jika Kiryuu merupakan salah satu aplikasi baca manga dengan UI yang mereka bentuk sendiri, Mangaindo justru lebih mirip seperti extension Tachiyomi. Meski begitu iklan yang ada di Mangaindo hanya ada satu saja di halaman awal aplikasi sisanya kalian bebas berkelana secara gratis.

Kalian bisa install Mangaindo di sini.


4. Mangazone 

Price: Gratis ber-iklan

Merupakan aplikasi baca manga yang cukup populer Mangazone bisa dibilang salah satu apps unggulan diluar sana. Menyediakan lebih dari puluhan ribu manga secara gratis, Mangazone juga dilengkapi fitur yang cukup lengkap. Selain bisa membaca manga sendirian layaknya introverts, kalian para otaku juga bisa saling mengomentari manga yang tengah kalian baca. UI yang rapi dan mudah dipahami merupakan keunggulan dari Mangazone. Kalian juga bisa membookmark manga yang kalian ikuti tanpa perlu melakukan login terlebih dahulu, sungguh mudah.

Kalian bisa mengsintall aplikasi Mangazone disini.


5. Manga Plus

Price: Gratis Iklan

Jika kebanyakan aplikasi baca manga harus kalian install ataupun download apk-nya di Website manga mereka, Mangaplus dapat dengan mudah kalian miliki di Playstore. Jika kalian memang pecinta manga Shonen maka dipastikan kalian akan menyukai aplikasi ini. Karena selain menyediakan update secara khusus tentang manga Shonen, juga aplikasi ini juga menyediakan berita-berita terkait manga Shonen ataupun yang tengah populer saat ini. Kalian juga bisa mengomentari komik berdasarkan chapter komik tersebut. Aplikasi ini sama sekali tak mendorong penggunannya untuk membuat akun terlebih dahulu. Tinggal bikin nama pilih avatar and you ready to go!

Kalian yang tertarik menginstall Manga Plus bisa menginstallnya lewat Playstore.


6. Manga Reader

Price: Gratis

Merupakan aplikasi baca manga yang sangat populer. Senada dengan websitenya yang juga terkenal Manga Reader sudah nyaman dihati para penggunanya. Memiliki beberapa fitur tak biasa seperti screenshot tiap halaman, filter warna, atur contrass hingga mode baca yang beragam. Ditambah dengan koleksi manga yang lengkap Mangareader merupakan satu dari sekian aplikasi yang patut direkomendasikan.

Kalian yang tertarik membaca menggunakan aplikasi Manga Reader bisa install di Playstore.


7. Line Webtoons

Price: Gratis, Berbayar dalam aplikasi

Merupakan salah satu aplikasi baca manga ataupun komik dengan koleksi komik yang cukup berbeda dibandingkan kebanyakan website. Webtoons sendiri sudah dianggap sebagai genre tersendiri, karena memang brand ini mendebut banyak komikus-komikus atau mangaka-mangaka baru yang belum terkenal. UI yang bagus serta suatu cara untuk menghargai mangaka favorit-mu bisa menjadi alasan kalian untuk menginstall webtoons ke smartphone kalian.

Kalian yang tertarik membaca menggunakan Webtoons bisa menginstallnya di Playstore.


8. Ciayo

Price: Gratis Berbayar Langganan Bulan

Serupa dengan Webtoons, Ciayoo merupakan platform yang bisa mendekatkan kalian dengan mangaka favorit kalian. Meski kebanyakan chapter manga terkunci dan memerlukan sistem subskribsi perbulan namun harganya bisa dibilang cukup terjangkau. UI yang baik serta komunitas yang juga fanatik, merupakan alasan utama kalian untuk berkontribusi dalam dunia perkomikan. Langganan Ciayo Komiks sendiri juga menyediakan berbagai sistem pembayaran.

Kalian yang ingin menginstall Ciayo bisa coba kunjungi laman Playstorenya.


9. ComiXology 

Price: Pembelian per-komik

Salah satu aplikasi baca komik yang cukup berbeda dari semua aplikasi komik yang ada di list kali ini. ComiXology merupakan aplikasi baca manga dimana koleksi manganya merupakan manga-manga superhero ataupun komik U.S. Komik jadul seperti Spiderman, Marvel Avenger bisa kalian baca disini. Meski begitu aplikasi ini mengharuskan kalian membeli tiap-tiap komik tersebut dengan harga yang tak murah, karena memang menyesuaikan dengan pasar U.S itu sendiri. Namun jangan khawatir aplikasi ini juga rutin menyediakan freebies alias gratisan bagi kalian yang rajin mantengin website ini.

Kalian para penggemar komik-komik U.S bisa menginstallnya di Playstore.


Itu dia 9 aplikasi yang patut kalian install di Smartphone kalian, mulai dari membaca manga, manhwa, hingga komik-komik dari artist favorit kalian. Sembilan aplikasi ini dapat dipastikan gratis dan memiliki keunggulan tersendiri antara satu dan yang lainnya. Jika kalian tertarik kami juga menyediakan link downloadnya. Buat kalian yang tertarik membaca berita mengenai teknologi terbaru ataupun game kalian bisa membacanya disini. 

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person