9 Game Yang Digunakan untuk Menyuntikan Pesan Propaganda


Ketika kita berbicara mengenai propaganda, semestinya kita musti memahami apa arti dari kata itu sendiri. Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro “Propaganda ialah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.” jadi dapat dikatakan bahwa propaganda merupakan penyeberan pesan yang direncakanan secara teliti. Ketelitian tersebut kerap dirancang oleh seseorang/kelompok/pihak yang memiliki sumber daya yang cukup berlebih untuk mengejar suatu kepentingan, atau bahkan membentuk sebuah pola pikir di masyarakat.

Game sendiri menjadi media yang cukup mudah di terima oleh kalangan muda mudi, karena selain menyenangkan, keterlibatan mereka dalam media game, langsung bisa dirasakan. Sehingga tak sedikit, Game yang awalnya bertujuan sebagai media hiburan, justru jatuh kedalam sebuah media pengantar pesan-pesan tersembunyi. Ini adalah kumpulan Game yang digunakan sebagai media Propaganda !


1. Anti-Japan War Online

Related image

Sebuah game yang disponsori oleh Communist Youth League of China, sebuah pergerakan organisasi remaja komunis Cina yang diatur oleh CPC (Comunist Party of China). Jika kita lihat dari judul pada gamenya, kita sudah bisa menduga gambaran mengenai game ini. Game ini bersetting di negeri tirai bambu ketika Perang Tiongkok-Jepang Dua,  disana kalian akan berperan sebagai orang yang berkebangsaan Tionghoa yang melawan pasukan Jepang. Game ini sendiri cukup menonjolkan kekerasan, dan juga kejelekan dari orang-orang jepang.

Tidak bisanya kalian memakai pasukan jepang sebagai karakter, sudah menunjukan keberpihakan game ini. Game ini sendiri sudah menarik banyak sekali hype dari para Gamer China bahkan sebelum game ini dirilis. Demonstrasi Anti-Jepang memang sudah tumbuh di China dari dulu. Kalian bisa lihat trailer videonya dibawah


2. Special Operation 85

Jika biasanya kalian bermain game FPS yang menggunakan konsep CT vs Terorist, mungkin game satu ini sedikit berbeda. Berkisah tentang 2 orang Ilmuwan nuklir Iran, Saeed dan istrinya Maryam diculik oleh tentara Amerika saat sedang melakukan perjalanan spritual. Saeed dan istrinya dijebloskan kedalam penjara di Iran. Kalian akan berperang menjadi seorang pasukan khusus yang bernama, Bahram Nasseri, yang akan membebaskan kedua suami istri dan juga 4 warga Iran lain. Terdapat misi spesial dimana kalian mencari tahu orang yang membocorkan informasi program nuklir milik Iran.

Game ini sendiri dikembangkan dalam waktu 3 tahun, dan memakan biaya total US$ 32,000 pada masanya. Dana tersebut digelontorkan oleh Union of the Islamic Students, sebagai balasan dari game buatan Kuma Reality Games yang berjudul, Assault on Iran.


3. Bato: Ang Bumangga Giba!