9 Karakter Game PS1 yang Sukses Dibuatkan Lagi Versi Modernnya

in , , , , , ,
Ba7eff7d61ac37e2172852b449915195

Seiring perkembangan zaman, kemajuan visual pada video game pun juga semakin meningkat. Berawal hanya dari beberapa pixel yang dibentuk menyerupai sesuatu seperti karakter Mario pada game Super Mario Bros. (1985), kini video game sudah memanfaatkan teknologi 3D dan Motion Capture dalam pengembangannya agar karakter terlihat lebih modern. Maka tidak heran bahwa mungkin di masa mendatang grafis dalam video game akan menyerupai dunia nyata.

Banyaknya game yang memiliki karakter ikonis di konsol PS1 membuat para developer terus melanjutkan seri game tersebut dengan merilis lanjutannya dalam bentuk sekuel, spin-off, atau bahkan dibuat ulang dalam bentuk remake. Tentunya, karakter pada game tersebut juga didesain ulang seiring perkembangan grafis pada video game. Para developer juga berusaha untuk mempertahankan karakteristik dari beberapa tokoh legendaris tersebut seiring menambahkan beberapa aspek untuk terlihat lebih modern. Agar lebih jelasnya, kalian dapat melihat perbandingan beberapa karakter ikonis dari game PS1 dengan versi modernnya pada list berikut ini.

9. Spyro

Spyro Reignited Trilogy 001 Press Release

Karakter Spyro pertama kali muncul pada tahun 1998 dalam game Spyro the Dragon. Karakter ini diciptakan oleh Insomniac Games yang kini dikenal sebagai developer dari Marvel’s Spider-Man dan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Berkat kesuksesan dari game pertamanya, Insomniac pun merilis dua sekuel yaitu Spyro 2: Ripto’s Rage! dan Spyro: Year of the Dragon. Setelah absen beberapa tahun tidak muncul, developer Toys for Bob merilis game Spyro terbaru berjudul Spyro: Reignited Trology yang merupakan versi remaster dari tiga game pertamanya.

Perbandingan antara Spyro pertama dengan versi modernnya tidak terlalu berbeda. Hanya saja terlihat warna yang sedikit berubah dari biru-keunguan menjadi ungu terang. Selain itu, karakteristik lainnya seperti tanduk sayap ekor dan bentuk tubuh keseluruhan masih terlihat mirip meskipun pada versi remaster terlihat lebih detail.

8. Jin Kazama

Wp2568148

Seri Tekken pastinya sudah tidak asing bagi para penggemar fighting game. Pertama kali rilis pada tahun 1994 di platform arcade, namun Tekken mulai populer saat game tersebut di-port ke konsol Playstation 1. Tekken sendiri populer karena memiliki banyak karakter yang ikonis, diantaranya adalah Jin Kazama. Jin sendiri merupakan salah satu karakter utama yang pertama kali diperkenalkan di Tekken 3 (1997). Berkat penampilannya yang ikonis, Jin Kazama masih menjadi  tokoh yang banyak digemari oleh banyak fansnya.

Semenjak Tekken 3, Jin Kazama terus menjadi karakter utama pada game selanjutnya. Penampilannya pun tidak terlalu berbeda pada setiap game. Hanya saja ditambahkan beberapa detail agar terlihat lebih realistis dan modern. Penampilan pertama Jin pada Tekken 3 terlihat cukup sederhana seperti sarung tangan merah, rambut yang melancip, serta tato Devil Gene di lengan kirinya.

Pada versi modernnya di Tekken 7, penampilan Jin cukup similiar dengan versi klasiknya. Hanya saja ditambahkan beberapa detail pada bagian sarung tangan, rambut, serta model wajah sehingga terlihat lebih realistis.

7. Cloud Strife

Screen Shot 2020 04 16 At 7.57.34 Am 1

Final Fantasy VII merupakan game karya SquareSoft yang pertama kali rilis pada tahun 1997. Game yang bergenre JRPG ini meraih kesuksesan besar hingga menjadi salah satu game andalan Playstation 1 pada masanya. Dengan cerita yang menarik serta tokoh-tokoh yang influensial membuat Final Fantasy VII terus dikenang oleh para fans nya. Hal ini tentunya juga didukung oleh protagonis dari game tersebut yaitu Cloud Strife dengan senjata pedangnya yang ikonis.

Kesuksesan tersebut pun membuahkan remake yang kini tersedia di platfrom Playstation 4. Tentunya, terdapat perbedaan yang signifikan dari segi grafis, gameplay dan juga desain dari Cloud Strife sendiri. Penampilan Cloud pada versi PS1 terlihat seperti gambar kartun namun tetap memiliki karakteristik yang khas. Seperti rambut sasak berwarna pirang, pakaian berwarna ungu serta senjata pedang yang besar.

Pada versi remake-nya, penampilan Cloud terlihat lebih realistis tetapi tetap memiliki model rambut yang sama. Selain itu, pakaian pada versi remake juga terlihat lebih detail dengan beberapa aspek tambahan seperti armor shoulder pad di bahu bagian kiri.

6. Jill Valentine

3613537 Art Img01

Resident Evil merupakan salah satu franchise game horror tersukses hingga saat ini. Pertama kali rilis pada tahun 1996 di platfrom Playstation 1, Capcom selaku developer terus merilis game lainnya berupa sekuel serta spin-off. Selain game, Resident Evil juga dikenal melalui film live-action serta beberapa film animasi 3D. Terdapat banyak karakter ikonis pada seri game tersebut, seperti salah satunya yaitu Jill Valentine yang pertama kali muncul pada game perdananya.

Penampilan Jill terlihat cukup berbeda dari versi PS1 dengan versi modernnya. Pada versi PS1 dapat dilihat Jill memakai seragam polisi berwarna biru serta memakai topi baret. Lalu, pada versi modernnya Jill tidak memakai seragam polisi melainkan baju kaus biasa, namun tetap memiliki warna biru yang hampir sama. Meskipun penampilan terlihat berbeda, terdapat beberapa aspek yang similiar seperti wajah dan model rambut yang tetap sama.

5. Crash Bandicoot

Z1vic2l42x651

Sebelum seri Uncharted dan The Last of Us, developer Naughty Dog lebih dikenal sebagai pencipta dari karakter Crash Bandicoot. Pertama kali muncul pada tahun 1996, Crash Bandicoot sukses memikiat hati para pemilik Playstation 1 hingga membuahkan sekuel serta beberapa game spin-off lainnya. Karakter ini juga memiliki banyak versi karena beberapa kali berganti developer sehingga desain karakter sempat berubah-ubah beberapa kali.

Meskipun sering kali didesain ulang, Crash Bandicoot tetap memiliki ciri khas yang sama yaitu kepala besar berwarna jingga, celana biru serta sepatu berwarna merah. Versi PS1 dengan versi terkini terlihat cukup similiar. Hanya saja pada versi terbarunya, Crash terlihat lebih detail namun karakteristiknya tetap sama

4. Tifa Lockhart

Show

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Final Fantasy VII merupakan game PS1 tersukses pada masanya. Hal tersebut didukung oleh berbagai karakter yang influensial seperti Cloud Strife sebagai protagonis dari game tersebut. Namun, bukan hanya Cloud saja yang dikenal oleh para fans, rekan dari Cloud yang bernama Tifa Lockhart juga menjadi perhatian para gamer dengan penampilannya yang serta karakternya yang ikonis.

Sama halnya dengan Cloud, Tifa pada versi PS1 dengan versi modernnya terlihat hampir sama, hanya saja terdapat beberapa detail yang ditambahkan pada versi remake. Penampilannya pada versi klasik terlihat sederhana dengan rambut coklat gelap serta pakaian berwarna putih. Dan untuk versi modernnya cukup mirip dengan versi terdahulunya, namun dengan beberapa tambahan detail seperti sedikit warna hitam pada bagian baju serta rambut yang berwarna hitam pekat.

3. Leon S. Kennedy

Maxresdefault

Berkat kesuksesan dari game pertamanya, Capcom selaku developer pun langsung mengembangkan sekuelnya yang berjudul Resident Evil 2. Sama halnya dengan game pertamanya, sekuel ini juga meraih kesuksesan hingga pada tahun 2019 dibuatkan versi remake untuk platform modern. Berbeda dengan game pertamanya, kini Resident Evil 2 berlatar di kantor polisi dengan hadirnya karakter terbaru yaitu Leon S. Kennedy. Leon sendiri merupakan seorang polisi yang baru pertama kali bertugas dan terpaksa harus bertahan diri dari serangan makhluk zombie akibat adanya penyebaran virus.

Terdapat beberapa perbedaan detail pada versi klasik dan versi remake. Namun, secara keseluruhan penampilan Leon tidak jauh berbeda. Kedua versi masih memiliki model rambut yang sama dengan armor polisi bertuliskan RPD. Hanya saja pada versi modern terdapat beberapa tambahan detail seperti sebuah simbol di bagian lengan.

2. Lara Croft

Sottr Path Home

Nama Lara Croft pastinya sudah tidak asing lagi bagi para gamer. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996, hingga kini Lara Croft tetap menjadi salah satu karakter fiksi legendaris dalam video game. Lara Croft pertama kali muncul dalam game Tomb Raider yang menceritakan seorang arkeolog dalam misi menemukan harta karun dengan mengeksplorasi makam-makam kuno. Dengan ciri khas yang unik membuat Lara Croft memegang enam penghargaan Guinness World Record seperti karakter perempuan paling ikonis dalam video game.

Penamilan Lara Croft versi klasik dengan versi modernnya dapat dibilang cukup berbeda. Pada versi tedahulu, Lara Croft menggunakan baju berwarna biru muda, celana pendek, serta dua buah pistol beserta holster-nya. Selain itu, Lara Croft PS1 memiliki bentuk tubuh yang cukup unik meskipun kualitas modelnya masih sangat sederhana. Untuk versi modernnya, desain Lara Croft dirancang ulang agar terlihat lebih realistis. Lara Croft versi modern juga kini memiliki busur dan panah sebagai senjata utamanya, menggantikan sepasang pistol dari game sebelumnya.

1. Solid Snake/Venom Snake

Mgs 5 Big Boss

Warning! Mengandung spoiler game Metal Gear Solid V

Meskipun bukan game pertama dari seri Metal Gear, namun Metal Gear Solid merupakan game yang mempopulerkan franchise tersebut dengan karakter ikonisnya yaitu Solid Snake. Game ini juga dapat dibilang sebagai pelopor dalam game bertemakan stealth dimana pemain harus menghindari musuh dan menyelinap di setiap misinya. Kesuksesan game Metal Gear Solid membuahkan banyak sekuel dan spin-off hingga akhir dari seri utamanya yang berjudul Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Perlu diketahui, meskipun karakter Solid Snake pada game Metal Gear Solid dan Venom Snake dalam Metal Gear Solid V terlihat mirip. Namun mereka merupakan dua karakter yang berbeda. Alasan mengapa karakter terlihat hampir sama karena Venom Snake merupakan seseorang yang memiliki wajah karakter Big Boss berkat operasi plastik. Sedangkan Solid Snake merupakan hasil klon dari karakter Big Boss sehingga mereka memiliki wajah yang sama. Karakter Solid Snake sendiri terakhir kali muncul sebagai guest character dalam game Super Smash Bros. Ultimate di tahun 2018. Namun, semenjak Metal Gear Solid 4, Solid Snake belum pernah tampil kembali di seri utamanya.

Download
Solid Snake dalam Super Smash Bros. Ultimate

Perbedaan pada versi PS1 dan versi terbarunya cukup signifikan. Dapat dilihat pada versi PS1 terlihat low-detail namun tetap memiliki bentuk wajah yang serupa dengan versi modernnya. Pada karakter Venom Snake juga ditambahkan beberapa aspek tambahan seperti penutup mata, bekas luka, serta tanduk di kepala bagian kirinya.


Itulah beberapa evolusi karakter dari versi Playstation 1 dengan versi modernnya. Apabila dilihat secara keseluruhan, tentunya karakter tersebut masih terlihat familiar meskipun terdapat beberapa aspek yang berbeda. Evolusi berbagai karakter tersebut juga menjadi bukti kesuksesan dari beberapa seri game yang hingga kini masih dikenal oleh banyak orang. Selain itu, sejumlah tokoh tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi game lainnya dalam mengembangkan suatu karakter yang ikonis.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Playstation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.