9 Kelakuan Gamer Dajjal yang Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain


Follow Us

Main game memang hobi yang menyenangkan, namun disaat hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Maka saat itulah kamu harus introspeksi diri. Saya tau apa yang kamu pikirkan saat membaca judulnya disisipi “Dajjal”. Bukan, ini bukan makhluk bermata satu pembawa petaka yang dituliskan di kitab agama. Tapi lebih ke sifat dan kelakuan gamer yang sangat buruk sehingga membawa petaka baik diri sendiri, hingga orang lain. Yaah mirip-miriplah dengan yang ditulis di kitab, apa? Ngga mirip? Miripin aja lah ya. Apa saja sifatnya? Yuk langsung saja disimak.

Nulis artikel dibayar

9.Toxic

Toxic adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi gamer lain. Sebutan lain dari sering berkata kotor tapi ngga punya skill ini juga bisa menyayat hati bagi mereka yang cukup lemah kondisi psikologisnya. Kamu ngga akan pernah tau apakah orang yang kamu katain kuat mental atau engga.

Lemahnya mental seseorang di game bisa bikin dia depresi mendalam, sampe yang paling parah bisa bikin dia bunuh diri karena video game. Inget kasus bocah russia yang bunuh diri gara2 kebiasaan toxic orang lain di video game dan nyuruh dia buat mati? Ya, separah itulah akibat toxic. Daripada ngetoxic, mending latih skillmu jadi lebih baik dan berguna buat orang lain. Ini demi kebaikanmu juga lho.

8.Cheat

Sudah ngga perlu disanggah lagi, cuman gamer dajjal yang ngelakuin hal ini. Cheat itu emang nyenengin kalo makenya di game offline, tapi begitu berubah ke game online, dia sifatnya ngerusak jalan permainan. Disaat orang menginginkan adu skill terjadi satu sama lain, pelakunya yang biasa disebut cheater hadir merusak segalanya.

Memang menyenangkan bisa terlihat “hebat” di mata orang lain. Tapi, apa yang bisa kamu banggain kalo kill 40-mu cuman karena software cheat? Ranking tinggi karena cheat buat apa? Malu saya kalo tiba-tiba dipilih acak oleh developer atau publisher buat ngewakilin negara di ajang kompetitif video game dunia tapi ternyata skillnya ngecheat. Sudah banyak game online kehilangan komunitasnya dan mati gara-gara cheat. Mau game online kesayanganmu ngga mati? Jangan ngecheat.

7.Boros Sampe Nyuri Duit Iuran

Sebenernya ini lebih condong ke merugikan dirimu sendiri sih. Boros ngga cuman kebiasaan buruk orang pada umumnya, tapi juga bisa terjadi pada gamer. Membeli item kosmetik emang bisa bikin karaktermu keliatan keren, bahkan tak jarang item-item tersebut bisa nambah status biar tambah kuat.

Tapi kebiasaan borosmu yang awalnya merugikan dirimu sendiri bisa merugikan orang lain, kalo akhirnya sampe kamu bela-belain nyuri duit iuran entah iuran sekolah atau yang lain. Kamu yang harusnya bayar sekolah jadi ngga bayar karena buat beli item atau ngegacha. Kalo saya jadi orangtuamu saya bakal balikin kamu ke perut emakmu.

6.Hacking akun Player Lain

 

Pernah ngga kamu udah membangun karakter game onlinemu dari nol sampe jadi salah satu karakter terkuat di server tiba-tiba ngga bisa mengakses akunmu karena dihack? Ini pasti ulah gamer dajjal. Entah apa alasannya, hacking akun player lain yang sudah mendedikasikan uang, waktu, dan tenaganya untuk membesarkan karakternya merupakan kebiasaan yang sangat merugikan orang lain.

Selain merugikan secara finansial, hacking juga rugikan waktu orang yang menjadi korbannya. Mereka ngga peduli berapa juta rupiah telah digelontorkan untuk bisa menjadi yang terbaik. Bagaimana susahnya nyari item langka yang drop ratenya 0.001% dan harus numpas boss paling kuat ratusan kali buat dapetinnya.

5.Nipu

Sama kayak hacking, nipu juga sangat ngerugiin player lain. Iming-iming akan sesuatu biasanya dilakukan gamer dajjal untuk menjerat mangsanya. Bisa berupa mata uang in-game, item langka, kasih sayang semu, hingga yang paling parah duit beneran. Biasanya sih hode alias player laki yang nyamar jadi karakter cewek yang ngelakuin ini, bikin mereka berfantasi bahwa dia cewek beneran dengan iming-iming kasih sayang maupun akun sosmed palsu buatan mereka.

Tapi ngga selalu hode yang jadi pelaku, non-hode juga banyak yang melakukan tindakan kriminal digital ini. Dengan berlakunya UU ITE di Indonesia, seharusnya penipuan di game online yang bisa merugikan apapun bisa akibatkan pelakunya masuk bui. Sayang, seperti biasa pemerintah belum perkuat UU tersebut dan kayaknya belum berfungsi secara optimal di game online lokal.

4.Egois

Nah yang satu ini ngerugiin rekan satu tim. Sifat egois akan bawa kamu dan timmu ke lingkaran setan dan jurang lose-streak secara menyeluruh. Apalagi kalo gamenya sangat mementingkan teamwork seperti DotA, Overwatch, Rainbow Six Siege, atau game MOBA kebanyakan. Biasanya gamer dajjal yang egois akan jadi feeder dan ga guna dalam gamenya. Tujuannya cuman satu: Ngekill player musuh tanpa perhatiin objective. Kalo ada player kayak gini blacklist aja sih.

3.Fanboy

Saya sebelumnya pernah membahas hal ini. Sebenarnya fanboy lebih mengarah ke merugikan diri sendiri dan biasanya sering nongol di komunitas atau forum, bukan game secara keseluruhan. Kenapa saya katakan merugikan diri sendiri? Karena gamer dajjal yang juga fanboy akan ngomong bahwa produk/gamenya yang ia sukai adalah yang terbaik dan akan melakukan segalanya demi membelanya. Buang-buang energi bung! Mending membuka hati dan pikiran kemudian berusaha menerima dan memandang semuanya dari perspektif lain.

2.Begadang

“Begadang jangan begadang kalau tiada artinya” sepertinya lirik lagu H. Rhoma Irama tersebut sudah menjelaskan pemikiran umum betapa merugikannya begadang bagi diri sendiri. Terlebih, bagi yang masih sekolah atau kuliah. Main game sampe larut malam bisa menghancurkan masa depan. Ya, kalo jadwal kuliah siang dan kamu masih bisa mengatur waktu mungkin ga masalah, tapi kamu beneran jadi gamer dajjal kalo mengindahkan semuanya. Akibatnya, kamu telat masuk atau sampe bisa bolos beberapa hari karena main game sampe malem. Kasian orangtuamu bayar sekolah/kuliahmu mahal-mahal (beda cerita kalo kamu bayar sendiri, tapi ya tetep aja ngerugiin dirimu juga sih).

1.Malas Mandi

Udah begadang, eh males mandi juga. Gamer dajjal biasanya kalo udah kecanduan main game, bisa lupa segalanya termasuk mandi. Kebersihan tubuh memang harus dijaga seberapa malasnya kamu, dengan menjaganya tetap bersih, maka kamu setidaknya masih sedap dipandang meski muka pas-pasan. Apalagi kalo kamu punya gebetan cakep yang sedang kamu demenin, malu! Ya, kalo ngga bau sih ga masalah ya mau ngga mandi sampe bertahun-tahun. Tapi kalo udah bau dan bikin mukamu semrawut? Sepertinya sudah saatnya kamu menyapa sebuah cairan bernama air, Santoso!

Itulah 9 kelakuan gamer dajjal yang bisa merugikan dirimu dan orang lain. Pernahkah kamu jadi salah satunya? Atau, selama ini kamulah gamer dajjal? Main game sih boleh karena hidup perlu diselingi hiburan. Tapi kalo udah kebablasan, alangkah lebih baik apabila kamu segera bertobat ke jalan yang benar.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+