9 Kelakuan Gamer Dajjal yang Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain


Main game memang hobi yang menyenangkan, namun disaat hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Maka saat itulah kamu harus introspeksi diri. Saya tau apa yang kamu pikirkan saat membaca judulnya disisipi “Dajjal”. Bukan, ini bukan makhluk bermata satu pembawa petaka yang dituliskan di kitab agama. Tapi lebih ke sifat dan kelakuan gamer yang sangat buruk sehingga membawa petaka baik diri sendiri, hingga orang lain. Yaah mirip-miriplah dengan yang ditulis di kitab, apa? Ngga mirip? Miripin aja lah ya. Apa saja sifatnya? Yuk langsung saja disimak.

9.Toxic

Toxic adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi gamer lain. Sebutan lain dari sering berkata kotor tapi ngga punya skill ini juga bisa menyayat hati bagi mereka yang cukup lemah kondisi psikologisnya. Kamu ngga akan pernah tau apakah orang yang kamu katain kuat mental atau engga.

Lemahnya mental seseorang di game bisa bikin dia depresi mendalam, sampe yang paling parah bisa bikin dia bunuh diri karena video game. Inget kasus bocah russia yang bunuh diri gara2 kebiasaan toxic orang lain di video game dan nyuruh dia buat mati? Ya, separah itulah akibat toxic. Daripada ngetoxic, mending latih skillmu jadi lebih baik dan berguna buat orang lain. Ini demi kebaikanmu juga lho.

8.Cheat

Sudah ngga perlu disanggah lagi, cuman gamer dajjal yang ngelakuin hal ini. Cheat itu emang nyenengin kalo makenya di game offline, tapi begitu berubah ke game online, dia sifatnya ngerusak jalan permainan. Disaat orang menginginkan adu skill terjadi satu sama lain, pelakunya yang biasa disebut cheater hadir merusak segalanya.

Memang menyenangkan bisa terlihat “hebat” di mata orang lain. Tapi, apa yang bisa kamu banggain kalo kill 40-mu cuman karena software cheat? Ranking tinggi karena cheat buat apa? Malu saya kalo tiba-tiba dipilih acak oleh developer atau publisher buat ngewakilin negara di ajang kompetitif video game dunia tapi ternyata skillnya ngecheat. Sudah banyak game online kehilangan komunitasnya dan mati gara-gara cheat. Mau game online kesayanganmu ngga mati? Jangan ngecheat.

7.Boros Sampe Nyuri Duit Iuran

Sebenernya ini lebih condong ke merugikan dirimu sendiri sih. Boros ngga cuman kebiasaan buruk orang pada umumnya, tapi juga bisa terjadi pada gamer. Membeli item kosmetik emang bisa bikin karaktermu keliatan keren, bahkan tak jarang item-item tersebut bisa nambah status biar tambah kuat.

Tapi kebiasaan borosmu yang awalnya merugikan dirimu sendiri bisa merugikan orang lain, kalo akhirnya sampe kamu bela-belain nyuri duit iuran entah iuran sekolah atau yang lain. Kamu yang harusnya bayar sekolah jadi ngga bayar karena buat beli item atau ngegacha. Kalo saya jadi orangtuamu saya bakal balikin kamu ke perut emakmu.

6.Hacking akun Player Lain