9 Mekanik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui dari Artifact.


Follow Us

Artifact adalah game terbaru dari valve yang rilis pada tanggal 28 november lalu, sebuah Card Game unik adaptasi dari dunia Dota 2 yang memiliki 3 papan yang perlu kamu mainkan. Artifact memang terlihat sangat rumit, namun tidak sesusah itu. Begitu banyak elemen-elemen baru yang sangat berbeda dengan Game Card lainya, tetapi beberapa diantaranya mungkin terkesan samar-samar. Berikut adalah 9 Mekanik yang mungkin belum kamu ketahui dari Artifact.

Nulis artikel dibayar

1. Arah Target kartu.

Saat creep atau hero muncul dalam pertarungan dan tidak ada yang menghadangnya atau langsung ke tower, Mereka akan mengacak arah serangan mereka. Sebagai penjelasan, yang tidak di terangkan adalah ada 50% kesepatan untuk menghadap lurus, dan 25 % kesempatan untuk ke kanan atau belok ke kiri. Ini juga terjadi ketika creep muncul, hero dimainkan dan juga berpengaruh pada Creature Card. Perlu diperhatikan ketika kamu menggunakan phase boots untuk bertukar posisi, maka arah yang di tuju adalah arah pada kartu yang ditukar, bukan arah sebelum bertukar. Ketika kamu menggunakan skill darkseer untuk memindahkan hero mu ke lane lain, maka arah yang dituju kembali acak.


2. Hero pada Giliran Pertama.

Banyak yang merasa bahwa Hero pada giliran pertama adalah random, tapi taukah kalian bahwa hero-hero itu dapat diurutkan berdasar keinginan? Jadi, Hero pada giliran pertama itu bisa diurutkan dengan menggunakan edit deck, urutkan sesuai dengan keinginanmu maka pada urutan pertama ada di lane 1 dan seterusnya (Lingkaran Hitam). Sedangkan untuk hero pada urutan ke empat akan muncul dan bebas kamu letakan pada turn berikutnya, dan hero ke lima pada turn berikutnya lagi.

BACA JUGA  Mengenal Istilah-Istilah dalam Game Artifact (Part 1)

3. Inisiative.

Untuk player yang melakukan pass action pada turn sebelumnya adalah orang yang akan giliran lebih dulu di phase berikutnya. Jadi, ketika kamu melakukan pass lebih dulu pada saat action phase ituadaalh orang yang berhenti pertama kali memainkan spell apaapun saat action phase, maka akan mendapatkan giliran pertama pada saat action phase di lane berikutnya.


4. Ruang Kosong pada Lane.

Ketika kita memainkan kartu hero, maka secara otomatis kartu itu akan mengisi spot kosong (Lingkaran Hitam) diantara kartu-kartu yang masih bertahan atau hidup, aturan ini juga berlaku pada creep yang munculnya random, kartu creep juga akan mengisi slot kosong pada celah yang kosong secara otomatis. Jadi berhati-hatilah dan perhitungkan Hero akan berhadapan dengan siapa.


5. Kartu bawaan hero.

Kamu hanya bisa membawa deck dengan jumlah kartu sebanyak 40 tetapi 15 kartu dari deck kamu, ditentukan oleh 5 hero apa yang kamu pilih. Karena masing-masing hero akan membawa 3 kartu Signature dari hero tersebut kedalam deck yang mana setiap signaturenya tidak bisa dimasukan dengan cara lain. Jadi maksudnya adalah ketika kamu melihat Zeus pada tim lawan, maka lawan juga memiliki 3 copy Thunder God Wrath dalam decknya. Kalo kamu melihat Ogre Magi maka lawan pasti memiliki 3 copy Ignites, dan itu juga bearti jika lawan tidak memiliki Zeus, kamu tidak perlu takut sama Thuder God Warth, begitu juga dengan Ogre Magi.

BACA JUGA  Mengenal Istilah-Istilah dalam Game Artifact (Part 1)

6. Sistem shop pada artifact.

Semua item yang dijual di shop bersifat random, dan terus mengacak pada setiap turn. Namun semakin lama bermainmu maka semakin tinggi kemungkinan, item yang ditawarkan juga semakin bagus, namun masih bersifat random. Shop juga akan membuka item baru ketika kamu membeli 3 item yang ditawarkan pada satu turn. Terkadang lebih bagus terkadang sama saja dengan item yang tadi, ya ada kemungkinan shop menawarkan 2 atau lebih item yang sama pada 1 turn. Punggung dari kartu item berwarna emas, hal inilah yang membuat kamu mengetahui jumlah item card yang lawan miliki di tangan.


7. Mengurutkan kartu di tangan.

 

Sebuah tombol di pojok kanan bawah, mampu membuatmu untuk melakukan sort kartu ditanganmu: menurut warna, urutan diambil, atau mana cost. Tentu saja ini sangat membantu kalian bukan, coba gunakan dan rasakan fitur ini bekerja denganmu. Siapa tahu dengan fitur ini mempersingkat waktu berpikir kalian, dan mempermudah menjalankan strategi dengan kartu yang ada ditangamu.

BACA JUGA  Mengenal Istilah-Istilah dalam Game Artifact (Part 1)

8. Kisah Hero.

Jika kamu ingin mengetahui tentang cerita pada hero-hero artifact, setiap heronya memiliki secuil ocehanĀ  dari lore yang bisa kamu baca dan dengar pada menu collection. Ketika kamu membuka pack, card pertama yang kamu ketahui akan secara otomatis memainkan lore nya, dan kamu bisa cek di “Unowned” box dalam collection menu juga untuk mendengarkan kartu yang belum kamu miliki.


9. Fakta tentang artifact

Artifact juga salah satu game yang berbasis ekonomi, dan terkesan mahal, karena kamu perlu membeli pack seharga 2$. Tetapi player juga mampu trade atau jual beli kartu di Steam Market atau langsung trade secara personal. Ada 3 jenis kelangkaan pada game kartu ini yaitu: common, uncommon, dan rare. Pada dasarnya Arifact adalah game kartu yang berbasis pada dunia Dota 2, dan didalamnya ada 3 faksi yaitu Vhouls, Bronze Legion dan Red Mist, dan valve ingin lebih menggali lore dan ceritanya lebih lanjut dalam game ini.


Sumber: IGN dan CyberSport

Bagaimana menurutmu broot? apa kamu mengetahui hal-hal di atas? atau kalian tahu fakta yang lain? Silahkan berkomentar dan jangan lupa untuk share. Terima Kasih.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan game Artifact atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

 

 


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+