9 Permainan Mobil yang Bukan Balapan

in

Permainan mobil memang kebanyakan didominasi oleh game balapan. Mulai dari game yang miliki embel-embel simulasi untuk player hardcore yang ujung-ujungnya balapan, hingga beneran balapan. Namun tidak semua hadir dengan elemen tersebut, banyak developer kreatif di luar sana yang berhasil ciptakan permainan mobil tanpa adanya (setidaknya bukan jadi fokus utama) unsur balapan. Apa saja gamenya? Yuk langsung cek daftar berikut.

9. Twisted Metal Series


Twisted Metal mungkin jadi embahnya vehicular combat di luar sana. Game yang gabungkan vehicular combat dengan battle arena ini mungkinkanmu untuk pilih banyak karakter dengan mobil dan kemampuan spesialnya masing-masing.



Kamu akan dihadapkan dengan beberapa mobil musuh untuk saling menghancurkan menggunakan powerup yang tersebar di penjuru map. Beberapa powerup seperti misil, hingga serangan udara bisa kamu dapatkan di game ini. Sayangnya, game ini terhenti di PlayStation 3 saja.

8. Vigilante 8 & 2nd Offense


Saingan abadi Twisted Metal yang satu ini memang miliki banyak elemen yang sama dengan game tersebut. Hal yang membuatnya berbeda adalah tema yang diangkat Vigilante lebih condong ke semi-realistis dibandingkan seri Twisted Metal yang fiksi.



Ceritanya-pun cukup mudah dinikmati. Sayang, ia tak rilis di PlayStation selanjutnya dan terhenti di Vigilante 8: Arcade yang rilis di Xbox360.

7. Car Mechanic Simulator 2018


Kamu hobi mobil dan ingin belajar untuk mengutak-utik isinya? Car Mechanic Simulator mungkin bisa jadi bahan belajarmu. Layaknya mekanik sungguhan, kamu akan bisa memodifikasi hingga memperbaiki setiap mobil yang ada. Tak hanya menjadi mekanik biasa, kamu juga bisa tantang dirimu untuk berkarir layaknya mekanik sesungguhnya di “carreer mode”. Beberapa merk mobil ternama seperti Mazda hingga Dodge juga dihadirkan dalam gamenya, buat impianmu untuk menyentuh mobil tersebut terpenuhi. Meski secara digital.

6. Crossout


Satu lagi game vehicular combat yang bisa kamu coba sekarang juga. Berbeda dengan Twisted Metal dan Vigilante 8, Crossout akan asah kreativitasmu untuk membuat mobil tempur idamanmu. Kamu bisa memasang machine-gun, pelontar granat, hingga misil untuk hancurkan mobil ajaib musuh-musuhmu. Mapnya yang cukup luas berikanmu pengalaman bermain yang maksimal. Apalagi gamenya gratis yang bisa kamu download melalui situs resminya (steam block IP, tapi gamenya sendiri tidak sama sekali).

5. Grand Theft Auto Series


Siapa yang ngga kenal Grand Theft Auto? Sejak melejitnya seri San Andreas, game yang biasa disebut dengan GTA ini melejit namanya hingga seri kelimanya. Berbeda dengan game kebanyakan yang memerankan tokoh utama baik-baik, kamu akan perankan penjahat di GTA. Mencuri mobil merupakan kegiatan utama yang bisa kamu lakukan di game ini. Kamu juga bisa membeli senjata dan membuat onar dengan menghancurkan banyak mobil di kota sembari bertempur melawan polisi.

Meskipun miliki fitur balap mobil di beberapa seri terakhir, namun fokus utama game ini adalah pada cerita penjahat yang kamu perankan di setiap serinya. Kamu bisa mencuri mobil tercepat untuk menyelesaikan misi perampokan agar tak ditangkap polisi, atau bahkan helikopter militer untuk menghancurkan para penegak hukum menjengkelkan tersebut.

4. Driver Series


Game ini kemungkinan besar adalah inspirasi utama Grand Theft Auto yang kamu kenal saat ini. Jika game buatan Rockstar tersebut masih dalam sudut pandang isometrik di awal perilisannya di PS1, maka Driver justru sudah terapkan free-city roaming dengan animasi 3D. Seri pertamanya memang tak buatmu bisa keluar dari mobil dan mencuri mobil lain, namun seri keduanya berhasil diimplementasikan dengan baik.


Layaknya GTA, kamu akan bisa mengeksplorasi kota dengan mobilmu demi menyelesaikan misi yang ada. Kamu akan berperan sebagai seorang detektif yang sedang menyamar demi mencari tahu tentang kekacauan yang disebabkan oleh para gangster. Game buatan Ubisoft Reflections ini miliki lisensi mobil resmi di seri terakhirnya yakni Driver: San Fransisco.

3. Destruction Derby


Game vehicular combat yang satu ini memang miliki elemen balap, namun fokus utamanya adalah saling menghancurkan satu sama lain. Berbeda dengan game vehicular combat yang saya sebut sebelumnya, kamu tak miliki senjata apapun untuk menghancurkan mobil lawanmu. Dengan kata lain, kamu harus menabrakkan mobilmu hingga mobil lawanmu hancur tak berkutik.



Kamu bisa bertempur dalam satu arena yang setiap serempetan dan tabrakanmu akan dinilai dengan skor. Sementara fitur balapnya juga bisa bikin musuhmu knockout dan tak bisa ikut balapan lagi. Mirip film Death Race deh pokoknya tapi ngga pake senjata.

2. Rocket League

https://www.youtube.com/watch?v=LQXIHG3rdNw


Nah, kalo permainan mobil yang satu ini digabung dengan olahraga tradisional sepak bola. Sama kayak sepak bola biasa namun gunakan mobil, adalah konsep utama yang digunakan oleh Rocket League. Kamu akan bertanding melawan 5 player lain untuk berebutan ngegol-in bola besar yang bisa kamu dorong pake mobilmu ke gawang lawan. Beberapa gerakan akrobatik dengan booster layaknya turbo nitro bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan misimu.

1. Motorsport Manager


Pernah main atau denger Football Manager (FM)? Kalo ya, berarti kamu akan terbiasa dengan game yang satu ini. Sama seperti FM, Motorsport Manager mungkinkanmu untuk mengatur jalannya pertandingan timmu. Dalam konteks ini, balapan. Ngga, kamu ngga akan ikut andil dalam balapannya, tapi memanage tim agar bisa jadi juara. Kamu bisa mengatur semua yang dibutuhkan timmu saat balapan, mulai dari settingan mesin, hingga sablon mobil/tim (livery bahasa kerennya).

Itulah sembilan permainan mobil tanpa adanya unsur utama balapan, alias kamu sendiri yang jadi pembalap untuk menyelesaikan misimu. Apakah ada permainan mobil lain yang ngga masuk dalam kategori di atas? Cantumin ke komentar ya.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]