Dari Terbaik Sampai Terburuk, Ini 9 Seri God of War yang Perlu Kamu Tahu

in , , , ,
Daftar seri God Of War

Sudah 16 tahun lamanya seri God of War hadir di permukaan. Game yang menampilkan kisah manusia setengah dewa bernama Kratos itu sukses membawa kepopuleran bagi para gamer-gamer yang tumbuh di era PS2. Bahkan franchise game hack and slash ini masih tetap dianggap hidup nan relevan. Apalagi dari keberadaan seri terbaru God of War Ragnarok yang rencananya muncul di konsol PS5.

Dari sana, masih ingatkah kamu dengan keseluruhan seri God of War yang selama ini pernah mengudara ? Apakah menurutmu semua serinya termasuk bagus ? Percaya bahwa dulunya pernah ada dua game God of War yang dulunya pernah rilis di platform luar Playstation ? Berikut perlu kamu saksikan keseluruhan daftar lengkap serinya dari yang terbaik hingga terburuk.

 

1. God of War – PS4 (2018)

Dinobatkan sebagai game terbaik di tahun 2018 lalu menurut versi The Game Awards, seri God of War ini bukanlah game yang tergolong main-main. Tak memiliki embel-embel atau seri semacamnya, seri God of War PS4 seperti menghadirkan kisah petualangan baru Kratos di dunia yang berbeda.

Dalam seri ini, Kratos memulai sebuah hidup baru.  Mencoba melupakan masa lalunya sebagai “God of War” setelah mengalahkan Ares dan membantai para dewa Olympus. Tapi di dunia baru ini Kratos juga menikahi seorang perempuan dari bangsa Nordik bernama Fayem lalu dikaruniai anak kandung yang diberi nama Atreus. Selepas kematian Faye, Kratos dan Atreus justru dihadapkan dengan situasi yang membuat mereka harus bergerak sekalifus bertemu dengan para dewa-dewa dari mitologi Nordik.

Dengan cerita dan visual yang memanjakan pemain, tidak heran kalau God of War masih sangat layak untuk kamu mainkan pada PlayStation 4 sampai saat ini. Apalagi dengan kualitas gameplay dan dukungan grafis resolusi sangat memanjakan mata ketika kamu memainkannya.

 

2. God of War 2 – PS2 (2007)

Bila ada pertanyaan mengenai manakah seri God of War klasik terbaik ? Jawabannya tenti adalah seri God of War 2 yang sempat dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2007 lalu.

Bisa dibilang, God of War juga menjadi game aksi terbaik yang pernah rilis untuk konsol PS2. Pada seri ini, Santa Monica Studios telah berhasil mengemas game aksi yang sangat luar biasa sehingga bisa membuat pemain ikut terasa pertempuran yang epik.

Strategi pertempuran yang lebih bervariasi dan narasi cerita yang epik menjadi hal yang berhasil membangkitkan rasa emosional pemain itu sendiri.

Seri kedua ini seperti layaknya penyempurnaan dari seri pertama yang memiliki skala pertempuran lebih besar dan lebih baik. Kamu bisa melihat bagaimana Kratos dapat membantai para pasukan Spartan hingga dewa-dewa Olympus.

 

3. God of War 3 – PS3 (2010)

Merupakan akhir Trilogi yang membuat pemain bisa merasakan langsung aksi Kratos dan Gaia saat memanjat Gunung Olympus. Dalam seri God of War 3, tak banyak kisah yang disuguhkan selain aksi hack and slash untuk bertempur melawan dewa terakhir Olympus dan menyudahi kekacauan tersebut.

Seri ini adalah jawaban pasti bagimu yang telah memainkan seri God of War pertama dan kedua. Walau sebenarnya telah lebih dulu hadir untuk PlayStation 3, tapi Sony dan Santa Monica Studios juga telah menghadirkan versi remastered-nya untuk PlayStation 4. Sehingga kamu pun juga bisa mengikuti perjalanan Kratos pada seri ketiga ini dengan visual yang lebih baik.

 

4. God of War – PS2 (2005)

Bagi kamu yang baru pertama mengikuti franchise God of War, ada baiknya memainkan dulu seri God of War pertama. Yup, dalam seri God of War 1, kamu bakal mengetahui latar belakang perjalanan Kratos dalam membantai para dewa Olympus.

Dengan grafis yang masih hadir untuk konsol PlayStation 2 saat itu, game ini sudah terasa sangat keren. Namun jangan khawatir bila kamu sudah tidak memiliki konsol PS2, karena kamu bisa memainkannya lewat emulator di PC atau pada PlayStation 3 lewat versi remastered-nya.

 

5. God of War: Ascension – PS3 (2013)

Sony dan Santa Monica Studios telah merilis dua seri God of War untuk konsol PlayStation 2. Nah sedangkan di PlayStation 3, Sony dan Santa Monica juga kembali merilis seri God of War berikutnya yakni God of War: Ascension.

Seri ini lebih menitikberatkan pada sisi kehidupan Kratos sebagai manusia, bukan sebagai pembunuh dewa seperti seri sebelumnya yang sempat diceritakan pada seri God of War versi PSP.

Kisahnya dimulai 6 bulan setelah semua keluarga Kratos terbunuh. Sejak saat itu, ia berjanji akan menuntut balas kepada Ares, sang dewa perang. Tapi karena belum memiliki pengalaman tempur seperti di seri terdahulu, di sini Kratos hanya akan bermodalkan senjata Blades of Choas, namun tetap saja pria ini memiliki kemampuan tersembunyi yang membuat para dewa iri.

Nah God of War: Ascension bisa kamu mainkan lewat konsol PS4 lewat fitur PS3 to PS4. Di mana Ascension jadi salah satu game PS3 yang masih dapat dimainkan pada konsol PS4 walau belum mendapatkan versi remastered.

 

6. God of War: Ghost of Sparta – PSP (2010)

Menjawab kekecewaan para gamer yang memainkan versi Chains of Olympus, Sony dan Santa Monica Studios pun sempat merilis seri God of War: Ghost of Sparta.

Seri kedua ini hadir dengan tampilan yang lebih megah dan lebih brutal dari seri pertamanya. Alhasil, banyak gamer yang kagum dan memberi ulasan yang lebih positif. Seri Ghost of Sparta sendiri masih mengisahkan sisi baik dari Kratos, di mana ia harus bertanggung jawab terhadap keluarganya.

Mulai dari terpaksa membunuh sang ibu hingga menghabisi saudara kandung yang juga merupakan rekan terbaiknya, semua dikemas secara apik tanpa meninggalkan elemen hack and slash yang seru. Untuk memainkannya kembali, kamu bisa menggunakan emulator PSP di smartphone atau PC.

 

7. God of War: Chains of Olympus – PSP (2008)

God of War: Chains of Olympus merupakan game God of War pertama yang dirilis untuk handheld PSP pada tahun 2008 lalu. Kehadirannya cukup dirasa mengejutkan di saat konsol PSP jarang mendapatkan game bergenre hack and slash.

Melalui kualitas visual setara dengan God of War yang rilis untuk PlayStation 2 kala itu, game in sendiri mengisahkan tentang sosok Kratos yang lebih manusiawi saat dipertemukan dengan putrinya.

Sayangnya, jalan cerita dan sesi permainan yang singkat membuat banyak gamer yang kecewa. Tak ayal membuat para gamer menganggap seri ini paling terasa lemah dibandingkan dengan yang lain.

 

8. God of War: A Call From The Wild – Facebook (2018)

Dalam rangka mempromosikan seri baru God of War yang rilis di PlayStation 4, Sony dan Santa Monica juga sempat merilis sebuah game petualangan yang memanfaatkan fitur messenger di Facebook.

Nah Dalam game ini sendiri, kamu ditugaskan untuk mendapat delapan gambar jika kamu berhasil bertahan hidup. Karena merupakan permainan yang teka-teki yang mengandalkan kata-kata, game khusus yang diberi judul God of War: A Call From The Wild  ini mungkin bisa terasa membosankan bagi sebagian orang.

Namun bila kamu ingin mencoba memainkannya, kamu bisa mengunjungi akun Facebook God of War: A Call From The Wild untuk mulai mengirim pesan agar bisa dijawab secara otomatis.

 

9. God of War: Betrayal – Mobile (2007)

Siapa yang menyangka bisa game God of War juga pernah diadaptasikan sebagai sebuah game mobile ? Yup, game yang dikembangkan oleh Sony Online Entertainmment ini dirilis untuk platform mobile yang berbasis Java.

Tampil dengan visual 2D side-scrolling khas ponsel era tahun 2007 saat itu, di game yang memiliki judul God of War: Betrayal ini, kamu akan mengikuti petualangan Kratos dalam membantai para dewa-dewa Olympus.

Artikel ini diterbitkan pertama kali di Dunia Games dengan judul “Inilah 9 Seri God of War Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan” yang ditulis oleh Rizky Nurcahyanto.

Itulah tadi seluruh daftar seri game God of War yang mungkin baru kamu tahu selama ini. Di antara yang terbaik sampai yang dianggap terburuk, manakah kira-kira yang menjadi favoritmu ?


Baca pula informasi lain terkait God of War, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]