9 Situasi di Mana PC Gaming Lebih Unggul Dibanding Platform Lain

pcgaming master race

“Masterrace” merupakan guyonan dari pengguna PC Gaming untuk menyindir diri mereka sendiri. Namun pada kenyataannya, istilah tersebut sebenarnya benar adanya berkat nyaris semua hal bisa dilakukan monster satu ini tergantung komponen yang kamu pasang. Bahkan ia bisa jauh lebih baik dari platform yang ada saat ini untuk memainkan video game. Lalu, apa saja keunggulannya? Berikut 9 situasi di mana PC Gaming lebih unggul dibanding platform lain.

9. Multitasking


Kebanyakan dari kamu tentu beli PC Gaming dan lebih menyukai platform tersebut karena kemampuan multi-tasking yang ia miliki selain main game. Meski kini console dan platform lain juga miliki kemampuan tersebut, namun tak bisa dipungkiri PC adalah rajanya. Dari memainkan lagu dari Spotify hingga membuat video game sendiri. Semua bisa ia lakukan, bahkan dengan RAM yang mencukupi, kamu bisa buka tab browser sebanyak mungkin sembari mengetik di Word, mendengarkan lagu dan mengedit di Photoshop.

8. Bisa “Mencoba” Sebelum Membeli Game

https://www.youtube.com/watch?v=UHS63g-Yg2I


Alasan klasik kedua tentu bisa “mencoba” dulu sebelum beli game yang mungkin meragukan buatmu. Sebuah pemikiran yang juga saya sendiri alami sebelum memutuskannya. Namun pada kenyataannya hal tersebut justru membantu untuk menemukan beberapa game yang disukai atau tidak. Oke, dari satu sisi ini memang sangat buruk dan melanggar hukum, namun di sisi lain tak semua game bisa kamu coba dengan syarat refund harus bermain kurang lebih dua jam bisa kamu nilai cocok atau tidak untukmu. Kami tidak menyarankanmu untuk melakukan pembajakan karena itu sangat bertentangan dengan moral. Membaca review kami sebenarnya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menentukannya. Tapi, memang tak bisa dipungkiri bahwa poin ini merupakan salah satu keunggulan utama platform “Masterrace” yang satu ini.

7. Setting Grafis Bisa Diatur Sesuka Hati


Jika platform lain disetting oleh developer sedemikian rupa agar nampak ultra setting, namun PC miliki opsi setting grafis yang bisa diatur sesuka hati. Dari very low untuk PC kentangmu hingga ultra atau extreme. Ia bahkan bisa disetting lebih rendah lagi seperti yang dilakukan oleh channel YouTube LowSpecGamer demi memainkan game terbaru di PC super kentangmu.

6. 60-300 FPS Resolusi Native adalah Kenikmatan Dunia


Game yang dibuat versi console bahkan untuk generasi PS4 saat ini merupakan hasil dari upscale. Sebuah teknologi yang mungkinkanmu beranggapan bahwa kamu memainkannya di resolusi 4K grafis ultra namun pada kenyataannya engga sama sekali. Simplenya mereka gunakan hukum kaca pembesar untuk melakukan hal tersebut.

Namun berbeda dari platform dan console lain, PC bisa raih resolusi native alias tanpa upscale dan benar-benar jernih dengan perbandingan frame per-second (fps) yang jauh berbeda. 60-300 fps merupakan makanan sehari-hari PC Gaming jika spesifikasimu memenuhi tentunya. Well, saya awalnya yang beranggapan bahwa mata manusia tak bisa bedain fps di game 30-60 setelah mencoba 60 fps bisa meyakinkanmu bahwa rasanya sangat berbeda. Mungkin akan berbeda lagi jika kamu telah mencoba lebih dari 100 fps. Sebuah kenikmatan dunia yang tak bisa dimiliki oleh platform lain.

5. Pilihan Utama Terbaik untuk Main Game First Person Shooter (FPS)


Memang, platform lain bisa untuk memainkan game first person shooter atau FPS, tapi ngga bakal bisa selancar dan secepat PC. Kontrolnya yang luwes dengan berbagai tombol yang bisa kamu tekan dengan cepat dengan nyaris semua jarimu buat permainan lebih seru dan kompetitif. Terlebih jika kamu bisa menimang mechanical keyboard yang miliki waktu respon yang sangat sensitif dibanding keyboard konvensional atau biasa kita sebut dengan membrane. Nikmat mana yang kamu dustakan?

4. Nyaris Semua Hardware Kompatibel


Mau colok speaker dan mouse Votre? Bisa! VR Headset punya PlayStation, HTC, Oculus, atau mungkin Headset Gaming dengan logo platform tertentu? Sangat bisa! Pakai Kinect milik Xbox pun bisa dilakukan di PC. Nyaris ngga ada yang ngga kompatibel di PC selama masih miliki colokan yang sama. Hal ini tentunya berkat banyak sekali dukungan colokan dalam satu set PC dan Operating Systemnya yang telah berubah selama lebih dari satu dekade. Fitur praktis yang ngga dimiliki platform lain.

3. Komponen Bisa Diganti/Ditambah Sesuka Hati


Saya waktu masih kecil dulu pernah berpikir bahwa PC merupakan satu paket dan jika rusak harus membeli baru. Setelah mempelajarinya lebih lanjut, akhirnya saya mengetahui bahwa komponennya, baik PSU, GPU, RAM, Processor, hingga Mainboard bisa diganti sesuka hati. Tak hanya bisa buatmu berhemat, namun juga selektif dalam memilih partnya. Mulai dari merk, ketahanan, hingga harga. Tak jarang ia miliki performa gaming yang lebih baik dari platform lain berkat bagian komponen berbeda yang telah kamu pasang.

Penggantian/penambahan komponen juga bisa diaplikasikan apabila PCmu tak miliki fitur tertentu, misalnya saja wi-fi, capture card, bluetooth, hingga USB Type C. Semuanya bisa!

2. Tak Perlu Merakit Baru dalam Beberapa Tahun Tertentu


Seperti yang saya tuliskan di poin sebelumnya, kamu bisa mengganti part PC-mu sesuka hati, entah GPU-nya yang kamu upgrade menjadi lebih tinggi, atau PSU-nya yang kamu tambah menjadi lebih dari 300 Watt. Dengan ketelitian dan pemilihan part yang tepat, maka kamu ngga perlu rakit PC baru alias ganti semua partnya sekaligus dalam beberapa tahun tertentu. Buatmu bisa jadi lebih hemat dengan teknologi zaman now.

1. Bentuk Luar dan Dalam Bisa Dimodifikasi Sesuka Hati


Hal paling utama yang jadi salah satu keunggulannya dengan platform lain adalah tampilan visualnya yang bisa kamu modifikasi sesuka hati. Pernah liat PC yang terinspirasi dari senjata di Point Blank karya modder asal Thailand? Itulah salah satu level modifikasi yang bisa diraih oleh PC, dan tentunya ngga akan bisa dimiliki platform lain.

Itulah sembilan situasi yang bikin PC Gaming lebih unggul dibanding platform lain. Dengan banyaknya fitur, jadikannya PC sebagai Jack-of-all-trades yang ngga perlu diragukan lagi kemampuannya. Adakah keunggulan lain yang kami lewatkan? Bisa dong dibagi di komentar.

Exit mobile version