9 Skenario Kiamat dari Video Game yang Mungkin Saja Jadi Kenyataan


Follow Us

Tidak ada satupun dari kita yang tahu kapan akhir dari dunia atau hari kiamat akan terjadi. Kiamat tidak selalu tentang jatuhnya meteor yang menghancurkan bumi ataupun bencana alam dashyat yang dapat membinasakan kehidupan. Aksi terorisme global ataupun perang dunia yang berdampak pada runtuhnya peradaban manusia yang menjadi tidak memiliki hukum juga bisa dianggap sebagai bentuk kiamat.

Nulis artikel dibayar

Video Game pun banyak menciptakan skenario-skenario hari kiamat yang menjadi latar cerita permainan. Kamu mungkin pernah memainkan game-game survival dengan latar dunia yang berakhir akibat virus misterius yang merubah seseorang menjadi zombie, seperti The Walking Dead atau Left 4 Dead misalnya.

Left 4 Dead 2

Mungkin kamu akan berpikir kiamat-kiamat dari video game tersebut hanyalah fiksi semata. Namun ada beberapa video game dengan skenario hari kiamat yang sesungguhnya masuk akal. Berikut ini penulis deretkan beberapa game dengan skenario kiamat yang mungkin saja akan terjadi di dunia nyata.


1. Anno 2070

Menjadi salah satu game city-building berpadukan RTS yang memiliki premis unik, Anno 2070 garapan Ubisoft ini diawali oleh tudung es kutub yang meleleh akibat pemanasan global dan juga perang nuklir. Hal tersebut membuat permukaan air laut naik dan menyisakan daratan tinggi yang menjadi sebuah pulau untuk ditempati.

Dirimu bertugas untuk memanfaatkan segala sumber daya alam yang tersisa dari daratan tersebut dan membangun kembali masyarakat dengan teknologi yang sudah mumpuni. Namun akan ada pihak-pihak lain yang mungkin saja mengganggumu, atau mengajakmu bekerja sama untuk masa depan yang lebih baik.


2. Fallout

Siapa sih yang nggak kenal dengan serial RPG populer garapan Bethesda ini? Walau memang setiap gamenya memiliki alur cerita yang berbeda-beda, semua Fallout tersebut berada pada dunia yang sama, yaitu dunia yang telah hancur akibat perang nuklir global.

Kamu yang memainkan Fallout 4 tentu menyaksikan salah satu nuklir jatuh saat prolog berlangsung. Dan Amerika Serikat yang sudah menyiapkan banyak Vault sebagai tempat berlindung (dan tempat eksperimen) dari jatuhnya bom nuklir tersebut, selalu jadi tempat yang mengawali petualanganmu dalam dunia Fallout.


3. Danganronpa

Danganronpa merupakan game visual novel garapan Spike Chunsoft yang menempatkanmu sebagai salah satu murid bertalenta dengan sebutan Ultimate. Terjebak dengan para Ultimate lainnya di sebuah sekolah dan dipaksa untuk ikut memainkan Killing Game, kamu akan menginvestigasi banyak misteri sekaligus mencari jalan keluar dari sekolah tersebut.

Tanpa mencoba spoiler terlalu jauh, sebelum game Danganronpa dimulai, dunia sudah dilanda kehancuran akibat ulah kelompok teroris yang menamai diri mereka Ultimate Despair. Hanya butuh setahun untuk kelompok tersebut menyebarluaskan pengaruh mereka kepada masyarakat dunia, yang berujung terjadinya banyak kekacauan, kekerasan dan kematian.


4. The Last of Us

Memenangkan banyak penghargaan bergengsi, The Last of Us garapan Naughty Dog mungkin memang menjadi game post-apocalyptic yang benar-benar fenomenal. Di dunia yang sudah dipenuhi dengan mayat hidup tersebut, dirimu akan memerankan Joel dan Ellie dalam bertahan hidup demi sebuah obat untuk menyembuhkan dunia.

The Last of Us diawali oleh sebuah penyakit benama Cordyceps Brain Infection yang merupakan parasit dari infeksi jamur. Hanya butuh waktu kurang dari tiga hari untuk parasit tersebut mengambil alih tubuh sang inang dan membuatnya jadi sangat agresif. Dan dalam kurun waktu setahun, sang inang akan menjadi buta dan tumbuh banyak piringan jamur di bagian-bagian tubuhnya.


5. Horizon Zero Dawn

Horizon Zero Dawn garapan Guerrilla Games merupakan game open world yang sangat dipuji akan tampilan grafisnya yang indah. Game ini menceritakan dirimu yang berperan sebagai gadis bernama Aloy dalam membalaskan dendam terhadap sekelompok organisasi gelap yang menghancurkan desa tempat tinggalmu. Seiring perjalanannya, Aloy membuka rahasia-rahasia dan kebenaran yang terjadi akan planet yang penuh dengan mesin-mesin ganas tersebut.

Mesin yang semakin pintar dan dapat melawan manusialah yang mengawali game Horizon Zero Dawn, dimana perang dengan mesin tersebut harus mengakhiri hampir semua kehidupan di bumi. Dan sisa manusia yang masih hidup mendirikan fasilitas di gunung dan kembali berusaha mencoba menciptakan robot untuk mengembalikan bumi ke keadaan semula.


6. RAGE

FPS garapan id Software ini mungkin jadi salah satu game shooter yang cukup underrated. Sering disamakan dengan saingannya Borderlands atau bahkan Fallout, RAGE memiliki tampilan grafis yang begitu memukau di zamannya.

Rage diawali dengan asteroid bernama 99942 Apophis yang jatuh ke bumi dan membinasakan peradaban manusia. Dan buat kamu yang tidak tahu, 99942 Apophis merupakan asteroid nyata yang ditemukan pada tahun 2004, namun yang dikhawatirkan adalah asteroid tersebut memiliki kemungkinan 2.7% akan mengenai bumi di tahun 2029.


7. Metro 2033

Game lainnya dimana dunia harus berakhir akibat perang nuklir. Metro 2033 yang diadaptasi dari novel karya Dmitry Glukhovsky dengan judul yang sama, memadukan game FPS yang semi realistik dengan detailnya atmosferik kota Moscow yang hancur dan penuh dengan radiasi nuklir.

Dirimu akan berperan sebagai Artyom dalam menjelajahi gorong-gorong dan dinginnya permukaan kota Moskow demi menyelamatkan stasiun tempat dirimu tinggal. Manusia lain maupun bandit bukan satu-satunya ancaman, radiasi nuklir dan anomali, hingga mutan-mutan ganas juga akan mengancam keselamatanmu.


8. Resonance of Fate

Menjadi salah satu JRPG dengan sistem pertempuran terkompleks dan (mungkin) tersulit yang pernah ada, Resonance of Fate merupakan game RPG garapan tri-Ace yang menceritakan keseharian dan petualangan sekelompok pekerja sambilan (dan pemburu bayaran).

Resonance of Fate terjadi pada dunia yang sudah dilanda oleh polusi, bahkan membuat banyak manusia terkena kanker. Sisa manusia yang hampir punah akhirnya membangun sebuah sistem air purifier dalam bentuk menara raksasa. Namun, sistem tersebut juga ternyata mengatur status sosial dan kesejahteraan masyarakatnya, bahkan rentang hidup waktu mereka.


9. Hatoful Boyfriend

Mungkin kamu menganggap penulis gila karena memasukkan game visual novel romansa nyeleneh tersebut pada list ini. Hatoful Boyfriend merupakan sebuah game dimana kamu akan berperan sebagai gadis manusia untuk mencari pacar seekor burung, ternyata memiliki backstory gelap yang sempat membuat manusia hampir punah.

Hal ini dimulai dari virus flu burung yang telah menyebar ke seluruh dunia. Manusia yang saat itu dilanda keputus asaan, memutuskan untuk membuat virus tandingan untuk membasmi semua burung yang ada. Alih-alih demikian, burung-burung tersebut justru berkembang dengan kepintaran seperti manusia. Terjadilah perang antara kedua spesies tersebut, dan kini burung-burung lah yang menjadi spesies dominan di bumi.


Walau sering dianggap sebagai akhir dari dunia, kiamat juga seringkali diartikan sebagai awal mula kehidupan yang baru. Seperti list nomor 9 yang memang terkesan dipaksakan misalnya, dimana spesies manusia yang telah punah, bisa saja digantikan oleh spesies lain yang kemudian berkembang biak menjadi spesies yang dapat beradaptasi di dunia yang baru.

Nah, dari game-game diatas, kira-kira mana skenario kiamat dari game diatas yang menurutmu paling nyata dan benar-benar bisa terjadi? Atau kamu justru tahu game-game lain yang juga memiliki skenario kiamat dan juga masuk akal? Yuk, langsung aja cantumkan dan diskusikan game tersebut di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+