Acquire: “Tenchu Baru” untuk PS5 Mungkin akan Diganti dengan Judul Baru

in
Tenchu
Acquire mungkin akan menggantinya di PS5.

Tenchu, siapa yang tak mengenal seri ini. Game stealth ninja buatan Acquire, K2 LLC, dan FromSoftware tersebut miliki ciri khas hardcore dengan mekanik stealth yang cukup rumit kala itu. Ia memulai debutnya pada tahun 1998 oleh Acquire di PlayStation 1 yang kemudian dilanjutkan oleh FromSoftware dan K2 LLC untuk PlayStation 2, PSP, hingga Xbox360.

Seri ini berakhir di iterasi teranyarnya pada tahun 2009 di PlayStation Portable. Kala itu, gamenya dibuat oleh Acquire dan dipublish oleh FromSoftware di Jepang. Sementara versi internasionalnya dipublish oleh Ubisoft.

FromSoftware selaku developer seri teranyarnya nampak tak mau ambil pusing untuk membuat seri teranyar dari Tenchu. Mereka justru membuat game yang telah ada di zona nyaman mereka, SEKIRO: Shadows Die Twice dengan Tenchu sebagai inspirasinya.

Namun sebuah sinyal akan keberadaannya kembali oleh Acquire nampak menguat selama beberapa tahun terakhir. Terlebih sejak PlayStation 5 dirilis. Ini ditunjukkan dengan didaftarkannya kembali nama Stealth Assassin yang menjadi judul dari Tenchu pertama pada tahun 2018.

Informasi ini diperkuat oleh interview majalah mingguan Famitsu (via Ryokutya2089) dimana Takuma Endo selaku kreator Tenchu sekaligus presiden Acquire menjelaskan kemungkinan kembalinya game tersebut. Namun sepertinya Tenchu bukan menjadi target mereka sama sekali untuk dikembangkan PlayStation 5.

Endo melanjutkan bahwa Acquire mungkin akan menggantinya sebagai game stealth ninja baru untuk dikembangkan.

“Kami hanya memperpanjang merk dagang ‘Stealth Assassin’ karena sudah kadaluwarsa. Namun banyak orang di dunia mempertanyakan apakah kami akan membuat Tenchu kembali. Menurutku, akan sulit untuk membuat seri baru Tenchu saat ini. Namun jika ada kesempatan, aku ingin membuat game stealth ninja dari awal untuk PlayStation 5. Oleh karenanya kami mendaftarkan merk dagang ‘Stealth Assassin’ di seluruh dunia.”

Tentunya akan sangat menarik untuk melihat bagaimana perkembangan Tenchu atau judul yang menggantikannya jika kesempatan untuk membuatnya muncul. Namun untuk saat ini kita hanya bisa berharap bahwa franchise atau game sejenis yang sempat dibicarakan Endo akan kembali di masa datang.


Baca lebih lanjut tentang Tenchu dan Acquire atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.