Activision Blizzard Dapatkan Untung 4 Miliar USD Hanya Dari Microtransaction

maxresdefault 6

Banyaknya gamer yang mengecam microtransaction tahun lalu bukan berarti bahwa transaksi tersebut tidak diminati. Hal ini dibuktikan oleh Activision Blizzard melalui laporan pendapatan perusahaan selama satu tahun terakhir. Dari laporan tersebut didapat data bahwa, perusahaan mendapatkan total keuntungan sebesar 7.16 Miliar USD dan sebanyak 4 Miliar USD merupakan keuntungan yang didapat dari microtransaction.

Angka tersebut tentunya akan memberikan keyakinan pada perusahaan untuk terus menghadirkan microtransaction. Electronic Arts, yang tahun lalu nampaknya paling banyak dihujat karena Star Wars: Battlefront 2 pun mengamini hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa microtransaction sah-sah saja asal dilakukan dengan benar.

Uniknya, angka 4 Miliar yang didapatkan Activision itu ternyata tidak hanya datang dari game konsol dan PC saja. Daniel Ahmad yang merupakan seorang analisis, dalam akun twitternya mencuitkan bahwa sebanyak 2 Miliar USD didapatkan dari anak perusahaan Activision, King, yang mengurusi game mobile seperti Candy Crush. Barulah sisanya merupakan hasil transaksi game konsol dan juga PC.

Beberapa microtransaction yang disediakan Activision Blizzard dalam game PC dan konsol bisa dibilang bervariatif. Call of Duty: WWII, misalnya. Microtransaction ditawarkan dalam bentuk Call of Duty Points yang nantinya dapat digunakan untuk membuka loot box dan mendapatkan item tambahan. Lalu pada Overwatch, microtransaction ditawarkan dalam bentuk loot box yang bersisi skin dan juga spray.

Sepertinya microtransaction masih akan menjadi sebuah bahasan yang panas untuk beberapa waktu ke depan. Pasalnya negara-negara besar mulai memikirkan untuk memblokir model bisnis seperti itu karena dianggap menyalahi aturan tentang perjudian. Jerman menjadi salah satu negara tersebut, dan bulan maret merupakan batas akhir sebelum diumumkan keputusan tentang pengaturan microtransaction. Ini tentu saja akan merubah banyak hal dalam industri video game.

Exit mobile version