Adakan QnA di Forum Terlarang, THQ Nordic Dibanjiri Hujatan dari Para Netizen

in

Mereka pun mengaku menyesal

Nama THQ Nordic belakangan memang lebih sering banyak orang tahu lewat aksi mereka yang kerap mengakuisisi sejumlah IP-IP game potensial. Para gamer tentu cukup menaruh banyak harapan positif atas langkah yang telah mereka lakukan tersebut. Namun, sayangnya aksi yang justru baru-baru ini THQ lakukan di internet malah terkesan nampak akan semakin melambungkan nama mereka ke suatu hal yang amatlah sangat buruk di hadapan banyak orang.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Semuanya berawal ketika THQ memposting suatu cuitan tentang keberadaan sesi AMA (Ask Me Anything) atau mirip semacam QnA yang siap untuk mereka adakan dalam waktu dekat. Yang menjadi masalah, THQ ternyata memilih suatu wadah tempat yang cukup kontroversial bagi para fansnya, bahkan juga untuk ukuran THQ sebagai publisher game yang namanya memang sedang naik daun sekalipun.


Ya, rupanya THQ memilih 8chan sebagai tempat dilangsungkannya sesi AMA untuk mereka. Bagi kalian yang belum tahu, 8chan adalah salah satu website forum paling kontroversial yang sudah resmi Google blacklist dari mesin pencarian di situsnya. Forum tersebut dikenal banyak mendukung dan mempromosikan hal-hal berbahaya seperti swatting, rasisme, pelecehan anak, gender hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan panasnya perpolitikan dunia.

8chan

Di sana pun juga tidak ada semacam moderasi atau batasan yang biasa mengontrol keberadaan komentar atau postingan gambar tak pantas dari para penghuni-penghuni 8chan. Sehingga jangan kaget bila forum ini memang terkenal cukup bablas dalam mempromosikan kebebasan berpendapat.

THQ sendiri sebelumnya nampak tidak mempertimbangkan atau meriset terlebih dahulu situs website yang akan mereka jadikan sebagai tempat AMA tersebut. Sehingga ketika sesi AMA sedang berlangsung, mereka tentu kaget melihat banyaknya pertanyaan berbahaya dan menjebak yang wajib THQ respon di sana. THQ yang sepertinya menyesal, tak lama kemudian langsung melayangkan klarifikasi permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaktahuan mereka tentang sejarah dan budaya yang selama ini selalu melekat di forum 8chan.


Namun, nasi sudah terlanjur berubah menjadi bubur. Para gamer sangat begitu kecewa dengan apa yang sudah THQ perbuat dan bahkan juga melalui peringatan awal yang sama sekali tidak digubris oleh mereka. Para gamer-gamer yang meresponi cuitan THQ pun juga semakin murka setelah melihat mereka terkesan “sok asyik” dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tabu yang sudah ditanyakan oleh para penghuni forum kontroversial tersebut.

Salah satu contoh bukti skrinsut jawaban AMA dari pihak THQ sendiri dapat kamu lihat melalui link berikut (Warning: sangat NSFW !!! mengandung materi konten yang tak pantas).


Phillip Brock, selaku PR dan Marketing Director THQ Nordic nampak menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas masalah ini. Atas nama pribadinya, Phillip juga mengaku menyesal dan meminta maaf kepada para fans THQ atau gamer yang merasa malu atas tindakan yang sudah ia dan para timnya telah lakukan.

Semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran berhaga bagi THQ Nordic, dan juga untuk publisher-publisher atau developer game mainstream manapun termasuk dengan yang juga ada di negerti kita tercinta, Indonesia. Agar seyogyanya mereka bisa lebih berhati-hati lagi dalam menentukan suatu langkah marketing yang efektif, namun dengan masih tetap berada di dalam koridor yang positif.


Baca pula informasi lain terkait THQ Nordic, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.