Dugaan WhatsApp Sadap Percakapan di Belakang Layar Melalui Fitur Mikrofon

Whatsapp Sadap Percakapan

Ada banyak sekali kasus pengambilan data secara online, termasuk di antaranya sebuah dugaan WhatsApp sadap percakapan kita di belakang layar. Padahal, kehadiran dari aplikasi perpesanan instan merupakan hal yang cukup sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena tidak sedikit yang menjadikannya sarana untuk berkomunikasi.

Adanya Dugaan WhatsApp Sadap Percakapan Kita Secara Diam-Diam

Informasi terkait dugaan WhatsApp sadap percakapan kita secara diam-diam di belakang layar atau background lalui fitur mikrofon ini kali pertama diinformasikan oleh Foad Dabiri, yang merupakan Director of Engineering di media sosial Twitter.

Dugaan WA menyadap kita selama ini? Sumber: Twitter

Di mana ia mencuit adanya dugaan aplikasi perpesanan instan tersebut diam-diam curi dengar, atau sadap percakapan kita lalui fitur mikrofon yang berjalan di HP Android yang ia gunakan kala itu.

Lalui cuitannya, Foad jelaskan kronologis secara cukup mendetil. Di mana ia saat itu sedang beristirahat, untuk kemudian dikejutkan notifikasi pemakaian mikrofon pada Pixel 7 Pro miliknya. Kontan, banyak yang menanyakan kebenaran hal tersebut dan meminta klarifikasi dari dirinya.

Elon Musk: “WhatsApp Tidak Bisa Dipercaya”

Walau masih sebatas dugaan karena ‘masih’ dialami satu orang (tanpa menghitung individu atau faktor lainnya yang mau speak up), namun hal ini membuat salah satu aplikasi perpesanan instan menjadi kurang bisa dipercaya. Wajar, karena ini erat sekali dengan privasi individu.

Elon Musk katakan WA tidak bisa dipercaya, Sumber: Twitter

Kejadian WhatsApp sadap percakapan kita di belakang layar ini pun sampai membuat Elon Musk ‘turun gunung’, dan mengatakan aplikasi ini sama sekali tidak bisa dipercaya. Wajar, mengingat aplikasi ini memamerkan enkripsi secara end-to-end di mana tidak ada yang bisa menyadap informasi.

Bila benar aplikasi ini memakai mikrofon secara diam-diam di balik layar, tentunya akan menciptakan masalah lain.

Pihak WhatsApp Sudah Klarifikasi

Ada bagusnya bila sosok sebesar Elon Musk ‘turun gunung’ untuk menyampaikan pendapatnya. Ya, cuitan tersebut sukses membuat pihak WhatsApp untuk berikan klarifikasi terkait dugaan penyadapan kepada Foad Dabiri.

Pihak aplikasi memberikan klarifikasi, Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan resminya, WhatsApp telah mengontak Foad Dabiri yang mengatakan adanya dugaan penyadapan tersebut pada smartphone miliknya. Di mana raksasa perpesanan instan tersebut meyakini bahwa ini hanyalah bug pada smartphone Android yang salah dalam memberikan informasi pada kolom privasi.

Tidak hanya itu, pihak aplikasi ini bahkan meminta Google untuk meninjau permasalahan ini demi minimalisir potensi yang akan timbul ke depannya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version