Adanya Malware yang Bersemayam di Windows Activator ‘KMSPico’

Malware Kmspico Windows

Perangkat lunak yang memanfaatkan lisensi berbayar masih dianggap sesuatu yang mewah untuk sebagian orang. Tidak hanya terbatas kepada aplikasi semata, namun sistem operasi pun kerap dipandang sebagai suatu yang mewah. Tak jarang banyak orang yang lebih memilih software bajakan karena dapat mengamankan kesehatan dompet mereka.

Isu adanya malware pada software bajakan nyatanya memang sudah ada dari dulu. Keamanan data yang dipertaruhkan demi menghemat isi dompet seharusnya sudah mereka pertimbangkan.

Alih-alih membeli lisensi, beberapa orang lebih memilih untuk memanfaatkan Windows Activator untuk mengaktivasi sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Sayangnya, kami mendapati informasi bahwa terdapat malware yang bersemayan di Windows Activator ‘KMSPico’ yang cukup terkenal itu.

Mampu Curi Cryptocurrency-mu

Bukan malware ‘biasa’ yang bersemayam di Windows Activator bernama ‘KMSPico’ tersebut. Pada dasarnya, sebuah malware memang mampu mencuri data korbannya, namun tak puas dengan itu saja, ia bahkan mampu curi cryptocurrency-mu.

Informasi ini dinyatakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang cybersecurity bernama Red Canary. Perusahaan tersebut sangat yakin bahwa aplikasi ‘KMSPico’ tersebut mampu mencuri data korban, berikut dengan cryptocurrency dan data-data lainnya.

Red Canary menandai malware pencuri tersebut dengan memberi nama Cryptbot. Dan berdasarkan data internal perusahaan yang bergerak di bidang cybersecurity tersebut, berikut daftar aplikasi yang bisa dicuri datanya oleh Cryptbot.

Berdasarkan list di atas, tidak menutup kemungkinan bahwa masih terdapat sederet aplikasi yang terkena. Uniknya, Microsoft Edge tidak terdampak malware ini berkat hadirnya sistem keamanan berlapis.

Sekedar informasi, ‘KMSPico’ merupakan sebuah aplikasi di mana ia dapat mengaktifkan sistem operasi secara tak resmi.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version