Diduga Adblock YouTube Bikin CPU Usage Meningkat, Imbas Perangi Adblocker?

Adblock Youtube

Perang antara Google dan adblocker sepertinya terus berlanjut. Setelah beberapa bulan lalu berita soal Google diduga sengaja melambatkan buffering video YouTube jika pengguna menggunakan pemblokir iklan.

Kini, beberapa pengguna lainnya mendapati kalau resource PC mereka malah terpakai dengan cara yang tidak normal. Hal ini cuma terjadi kalau pengguna tersebut mengaktifkan adblocker di PC mereka.

Pengguna Dapati Adblock YouTube Bikin CPU Usage Meningkat dan Buffer Jadi Lambat

Pemblokir iklan di YouTube

Sejak seminggu terakhir, beberapa pengguna YouTube di Reddit mendapati kalau buffering YouTube mereka sering lemot jika menggunakan adblocker. Seperti yang ditemukan oleh user NightMean ketika mendemonstrasikan video YouTube dengan dan tanpa adblock.

Terlihat, jika ia mengaktifkan pemblokir iklan tersebut, video miliknya seperti tersendat-sendat bufferingnya. Namun, begitu dia mematikan pemblokir iklan dimaksud, buffering video kembali normal.

User lain bernama wad11656 juga alami hal serupa. Dia menyadari kalau PC miliknya lancar digunakan untuk bermain LoL namun Edge di background kesulitan memutar YouTube padahal koneksi internet miliknya tidak ada kendala.

Resource CPU Naik Jika Aktifkan Adblocker YouTube

YouTube

Tak hanya itu, diduga pula penggunaan adblocker akan memakan resource komputer alias CPU. Beberapa user di subreddit r/youtube menemukan kalau CPU usage mereka alami kenaikan dan juga membuat Chrome menjadi crash.

Berbagai user menyarankan kalau dengan berhenti gunakan extensions adblocker dan beralih ke Ublock Origin akan membuat masalah selesai. Beberapa user lain bahkan menyarankan untuk berhenti gunakan peramban Chrome atau Chromium secara keseluruhan dan mulai gunakan Firefox.

Para user di Reddit menyuarakan protes mereka dan mengatakan trik untuk memberantas adblock YouTube ini tidak logis. Soalnya, satu-satunya cara untuk menghindari hal semacam ini terus kejadian hanyalah dengan membayar biaya langganan Premium bulanan ke Google.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian juga salah satu yang mengalami hal serupa? Coba beri keluh kesah kalian di komentar ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version