AGDQ Tahun Ini Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 32 Miliar untuk Amal

in

Awesome Games Done Quick atau disingkat AGDQ merupakan ajang tahunan yang diadakan untuk para gamer, dimana individual maupun komunitas speedrunner berkumpul untuk unjuk kebolehan dalam menyelesaikan suatu game dengan cepat.

Namun dibalik itu semua, ajang ini memiliki sebuah tujuan yang mulia, yaitu mengumpulkan dana untuk didonasikan ke berbagai yayasan kesehatan. Beberapa yayasan yang sering menerima sumbangan dari ajang ini adalah Prevent Cancer Foundation and Doctors Without Borders.

Ajang ini disiarkan secara langsung via Twitch, sehingga para gamer dari seluruh dunia juga bisa berpartisipasi dalam memberikan sumbangan.

Dilansir dari Kotaku, AGDQ 2019 yang diadakan pada 6 hingga 13 Januari kemarin berhasil mengumpulkan kurang lebih 2,3 juta dolar AS atau sekitar 32 miliar rupiah. Jumlah tersebut diketahui menjadi jumlah donasi terbesar semenjak acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2010.

Berbagai game klasik maupun game zaman now hadir dalam AGDQ kali ini. Salah satu momen yang paling meriah adalah ketika salah satu speedrunner bernama Bayleef yang berusaha mengumpulkan 500 bulan di Super Mario Odyssey sebelum donasi mencapai 2 miliar dolar AS.

Acara Games Done Quick ini biasanya diadakan dua tahun sekali, dimana AGDQ pada awal tahun dan SGDQ atau Summer Games Done Quick dilakukan pada pertengahan tahun. Namun pada tahun 2018 lalu, pihak penyelenggara juga mengadakan Games Done Quick Express yang diadakan pada bulan Oktober.

Walau memang gamer masih cenderung di cap negatif oleh masyarakat, nampaknya hal-hal positif seperti ini bisa sedikit merubah stereotip tersebut. Nah, apakah kamu sebagai gamer sudah mulai menyisihkan sedikit uangnya untuk beramal demi dunia yang lebih baik?


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]