Age of Empires IV: Detil, Gameplay, dan Sejarah yang Diangkat

in ,
Apa yang buatnya berbeda dari seri sebelumnya?

Sejak diumumkan, informasi Age of Empires IV tidak kunjung diberikan oleh Microsoft. Namun diamnya mereka sepertinya sengaja dipersiapkan untuk event yang dilaksanakan hari minggu kemarin. Kini kita mengetahui apa saja yang mereka umumkan.

Dalam livestreamnya, Microsoft mengumumkan bahwa Age of Empires IV direncanakan untuk rilis musim gugur 2021. Gamenya akan miliki delapan peradaban dari Eropa, Asia, dan yang lain. Mereka juga akan menambahkannya di masa datang. Beberapa peradaban ini akan cukup berbeda dengan mekaniknya yang unik.

Kesamaan setiap peradaban ditunjukkan dengan beberapa unit seperti pike, jarak jauh, dan mount. Gamenya tak miliki unit khusus seperti hero meskipun Mongol sendiri akan miliki unit unik seperti Mongol Khan.

Campaign Age of Empires IV akan miliki unit hero yang berperan penting dalam setiap cerita utama dan sejarahnya.

Terdapat empat campaign utama Age of Empires IV, salah satu yang telah dikonfirmasi adalah Norman yang fokus pada William the Conqueror. Kisahnya tak hanya fokus hanya pada tokoh tersebut, namun juga generasi setelahnya dan beragam sejarah yang dirangkum dengan format seperti film dokumenter.

Microsoft menjelaskan bahwa terdapat video berdurasi kurang lebih tiga jam untuk campaignnya. Video tersebut kebanyakan diambil dari dunia nyata dan beberapa video lain yang masih dirahasiakan.

Beberapa detil lain seperti dunianya yang semuanya didesain dengan 3D, mekanik “age up” dari iterasi ketiga dengan empat “age” yang dimulai dari dark, feudal, castle, dan imperial, bahasa setiap NPC yang berubah seiring berjalannya waktu juga ditambahkan dalam seri terbaru Age of Empires tersebut.

Menariknya, di akhir livestream, mereka menunjukkan beberapa kapal yang masih misterius. Ia kemungkinan akan menjadi tolak ukur pertempuran laut atau bisa saja peradaban baru.

Mekanik baru yang mereka tambahkan di Age of Empires IV di antaranya adalah bersembunyi di balik hutan untuk rencanakan serangan dadakan dan landmark yang mungkin ada hubungannya dengan mekanik age-up.

Age of Empires IV akan miliki unit unik hingga 600 buah. Batasan unit per-peradaban masih sama yakni 200 unit dengan total maksimum 1600 dalam satu map jika player memainkan multiplayer hingga delapan player.

Age of Empires IV rencananya dirilis musim gugur 2021 nanti di PC.


Baca lebih lanjut tentang Age of Empires IV atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.