AI Masih Kewalahan Lawan Gym Leader Pokemon Red Meski Sudah Latihan 50 Ribu Jam

Gym Leader Pokemon Red

Sepertinya hal yang ditakutkan sebagian orang bahwa AI alias kecerdasan buatan akan menguasai dunia dan mengambil alih bumi masih jauh dari kenyataan. Pasalnya, AI terlihat masih belum bisa kalahkan salah satu Gym Leader di game Pokemon Red. Lah?

Seorang YouTuber sekaligus programmer membagikan hasil eksperimen miliknya dimana ia mengajarkan AI buatannya bermain Pokemon Red, game generasi pertama dari franchise legenda ini.

AI Masih Kewalahan Lawan Gym Leader Pokemon Red Meski Latihan 50 Ribu Jam

AI sedang belajar mainkan Pokemon

Melalui video yang ia bagikan di YouTube, programmer bernama Peter Whidden ini bercerita kalau dia membuat sebuah AI yang digunakan untuk selesaikan game Pokemon generasi pertama alias Red. Peter membagikan bagaimana awalnya AI tersebut hanya menekan tombol sembarangan untuk melihat apa yang berubah di layar.

YouTuber ini berikan sistem reward kepada AI tersebut untuk memotivasi kecerdasan buatan tersebut eksplor, menangkap Pokemon, dan mengalahkan Gym Leader. Sistem poin diberikan mulai dari yang paling mudah diberi 1 poin dan paling sulit diberikan 3 poin.

Jalankan berbagai instance sekaligus

Awalnya tidak ada hambatan yang berarti. AI mampu menjalankan tugasnya relatif mudah. Sayangnya, setelah berlatih selama 50 ribu jam pun, AI tersebut bahkan belum bisa kalahkan Gym Leader kedua.

Training 50 Ribu Jam Masih Belum Bisa Kalahkan Misty

Masih belum bisa kalahkan Misty

Kecerdasan buatan tersebut mampu mengalahkan Gym Leader pertama, Brock, meskipun tidak berjalan begitu mulus. Butuh 7000 jam untuk AI tersebut mengalahkan Gym Leader pertama. Sedangkan Misty, butuh 50 ribu jam dan masih belum bisa ia kalahkan.

Alasannya pun sebenarnya cukup aneh. AI ini setiap sebelum battle selalu memasukkan Pokemon di Pokemon Center. Berarti pilihan Pokemon yang bisa dibawa untuk bertarung semakin sedikit.

Otomatis durasi pertarungan jadi semakin pendek dan hasilnya kalah karena kekurangan Pokemon. Bagaimana menurut kalian brott? Apakah AI masih jadi ancaman menyeramkan sekarang? Paling tidak AI yang satu ini tidaklah ya brott karena masih skill-issue.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version