AI Pintar Facebook Dikalahkan AI Buatan Solo Programmer di Turnamen Starcraft


Add Friend

Perusahaan besar baru-baru ini mulai sibuk-sibuknya keluargan jutaan dolar untuk teknologi artificial intelligence. OpenAI dari Elon Musk beberapa bulan kemarin menjadi omongan banyak pemain DOTA 2 setelah AI tersebut berhasil kalahkan beberapa pemain professional DOTA 2 mulai dari Dendi, Arteezy dan Sumail. Facebook tak mau kalah, mereka kirimkan AI mereka untuk bermain di turnamen Starcraft: Broodwar yang hanya menerima AI untuk bermain.

AIIDE (AI for interactive Digital Entertainment) laksanakan turnamen Starcraft: Broodwar setiap tahunnya. Turnamen ini diselenggarakan untuk membantu perkembangan AI. Game Starcraft dinilai cocok untuk membantu proses perkembangan ini karena gameplay yang kompleks dan cepat. Pemain harus fokus mengatur pasukan, handal dalam mengurus resource dan miliki reaksi yang cepat untuk kuasai game ini. Kombinasi yang sangat cocok untuk dipelajari AI dibandingkan permainan lainnya.

Perusahaan seperti Facebook dan Google sering ikut sertakan AI mereka sebagai strategi marketting serta riset. Untuk percobaan pertamanya, AI dari Facebook yang diberi nama CherryPi hanya mampu berada di posisi 6 dari 28.  Berikut salah satu pertandingan dimana CherryPi menang:


Turnamen tahun ini dijuarai oleh AI dengan nama ZZZKBot. ZZZKBot merupakan AI yang dikembangkan seorang diri oleh Chris Coxe, seorang software developer dari Australia. Meski dengan modal satu orang dan tidak dibiayai ratusan juta dolar, AI dari Chris berhasil jadi juara turnamen AI Starcraft tahun ini dengan 2465 kemenangan dari 2966 pertandingan.

Melihat AI dari Facebook ini direncanakan dipasang mesin self-learning, kegagalannya ini tak sepenuhnya merugikan bagi pihak Facebook. AI mereka kini bisa saja pelajari banyak hal dari AI lainnya dan tahun depan apabila diikut sertakan lagi dalam turnament serupa, bisa saja dapat menggeser AI ZZZKBot.

Facebook tak merilis bot yang mereka gunakan pada turnamen AI Starcraft ini. Tapi apabila kamu tertarik untuk melawan AI dari Google pada Starcraft II, Google dan Blizzard rilis toolset AI Deepmind agar gamer bisa coba langsung.

Source: Engadget