Akhiri CBT2, Produser Genshin Impact Konfirmasikan Gamenya Jadi Free-to-Play

Genshin Impact 2020 03 31 20 Top
Genshin Impact akan jadi game gratis.

Tak terasa telah nyaris satu bulan game Genshin Impact menjalankan masa CBT2-nya, dan miHoYo sepertinya telah siap untuk mengerjakan semua saran yang player masukkan. Terhitung sejak berakhirnya masa CBT2 pada hari ini. Salah satu hal tersebut adalah bagaimana konten yang akan mereka sajikan. Menariknya, sang Produser sendiri justru konfirmasikan model bisnis yang akan mereka hadirkan dalam gamenya.

Seperti yang telah sempat kami coba sendiri, Genshin Impact miliki sistem gacha yang langsung asumsikan bahwa gamenya akan jadi game free-to-play. Kabar baiknya, asumsi tersebut benar-benar terjadi. Ini diungkapkan oleh Produser gamenya, Hugh Tsai dalam website resminya.

Tsai menjelaskan bahwa Genshin Impact bukan game MMORPG. Gamenya merupakan single-player dengan fitur co-op, yang akan mengangkat model bisnis free-to-play. Genshin Impact akan hadirkan gacha yang menjadi sumber penghasilannya. Namun mereka berjanji bahwa sistem tersebut akan “adil dan friendly” bagi para player. Tsai mengaku bahwa detil monetisasinya akan diumumkan nanti.

Tsai juga menyadari bahwa banyak dari player mengeluhkan akan kurangnya konten setelah mereka bermain selama 50 jam. Namun menjelaskan bahwa konten tersebut saat ini tengah digodok. Tsai mengatakan bahwa saat ini mereka tengah mengerjakan “petualangan baru” dan “cara baru untuk memainkan gamenya”, termasuk dungeon, daily quest, multiplayer, dan fitur baru yang mereka sebut sebagai homeland system yang akan mereka jelaskan di masa datang.


Genshin Impact merupakan proyek miHoYo sejak tiga tahun silam dengan tim yang cukup kecil. Kini, mereka telah miliki 500 orang developer untuk mengerjakan gamenya. Gamenya sendiri merupakan salah satu game yang spesial bagi tim dan Tsai secara pribadi.

Sayangnya, hingga tulisan ini turun, Tsai maupun miHoYo masih belum menjelaskan kapan gamenya akan dirilis baik di PC, PlayStation 4, Android, iOS, maupun Nintendo Switch. Hingga detik ini mereka hanya memberikan informasi bahwa gamenya akan dilepas menjelang akhir tahun 2020 nanti. Namun hal tersebut bisa saja berubah, mengingat banyak sekali hal tak terduga yang muncul dalam pengembangan video game.


Baca lebih lanjut tentang Genshin Impact, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version