Akhirnya AMD RX 7800 XT Resmi Masuk ke Pasaran, Bawa VRAM 16GB

Amd Rx 7800 Xt

Kehadiran dari VGA AMD RX 7800 XT sudah lama dinanti oleh para gamers. Setelah penantian yang cukup lama semenjak peluncuran kakaknya pada akhir tahun 2022 silam, kini VGA teranyar dari AMD akhirnya siap untk meramaikan pasaran dan adu mekanik dengan kompetitornya.

AMD RX 7800 XT Masih Bawa VRAM 16GB

Masih dibekali VRAM 16GB

VGA dengan mikroarsitektur RDNA 3 dari kubu merah AMD masih menyimpan misteri. Hal tersebut dikarenakan hanya terdapat dua varian saja yang tersedia untuk gamers, yakni RX 7900 XT dan RX 7900 XTX. Delapan bulan kemudian, barulah adiknya meluncur ke pasaran untuk menjadi alternatif untuk PC kalian.

Melansir informasi dari tom’sHardware, AMD RX 7800 XT masih membawa VRAM 16GB – masih sama dengan yang digunakan oleh generasi terdahulu. Walau demikian, terdapat sedikit perbedaan minor pada spesifikasi yang dibawanya.

Lebih ngebut dari generasi sebelumnya?

Antara lainnya Memory Speed 18 Gbps, yang lebih cepat sekitar 2 Gbps, dan Memory Bandwidth 576 GB/s yang kini ternyata lebih cepat sekitar 64 GB/s dari generasi terdahulu. Masih belum jelas Game Clock dan Boost Clock yang dibawanya, namun kami memperkirakan akan lebih cepat setidaknya 3-5%.

Besaran memori yang ditanamkan pada RX 7800 XT ini tentunya sudah dipertimbangkan dengan matang oleh AMD. Di mana memang saat ini VRAM 16GB sudah lebih dari cukup untuk memainkan bermacam game AAA pada resolusi FHD, maupun di atasnya pada pengaturan yang disesuaikan.

Sedikit Lebih Hemat Daya

Dipersenjatai 1 HDMI dan 3 Display Port

Walau pada kebanyakan kasus tidak ada yang memedulikan konsumsi daya sebuah VGA, namun pada kasus tertentu konsumsi daya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya – entah dikarenakan PSU yang digunakan pas-pasan, atau faktor teknis lainnya.

Beruntung, AMD RX 7800 XT ini dikatakan memakan daya yang lebih rendah sekitar 50W dari generasi terdahulu. Bila RX 6800 XT membutuhkan daya 300W, RX 7800 XT hanya meminta 250W dan lebih kuat untuk menjalankan game terbaru.

Untuk harganya sendiri, kemungkinan VGA ini akan dibanderol di kisaran 9 Jutaan Rupiah ke atas, mengingat RX 6800 XT saat ini masih dibanderol mulai dari 8 Jutaan Rupiah, dan bukanlah taktik AMD untuk membuat produk terbarunya harus lebih murah untuk memenangkan kompetisi.

Diperkirakan VGA ini akan tersedia di tanah air pada pertengahan Agustus – September, namun bisa saja waktu peluncurannya dapat tertunda dikarenakan suatu faktor. Namun, salah satu brand telah mempersiapkan distribusi VGA ini dalam waktu dekat secara global.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version