Akses ke API Twitter Gratisan Bakal Dihentikan di Bulan Ini

Api Twitter

Ditempatinya posisi platform media sosial Twitter oleh Elon Musk, tampak ada-ada saja hal yang coba diubahnya. Termasuk di antaranya API Twitter, yang konon dapat diakses secara cuma-cuma, kini harus dihentikan di bulan Februari ini.

API Twitter Gratisan Bakal Jadi Berbayar

Kehadiran dari Application Programming Interface atau API di media sosial tersebut, kini diubah menjadi akses terbatas dan berbayar. Sebelumnya, API Twitter bisa dipakai secara gratisan, entah untuk link akun gim semacam Azur Lane, atau Free Fire.

Informasi terkait API Twitter bakal jadi berbayar tersebut dituliskan secara resmi pada TwitterDev, yang mana merupakan sumber internal untuk kabarkan apa-apa saja fitur untuk diterapkan pada platform media sosial tersebut.

Sumber: TwitterDev

“Per 9 Februari 2023, Twitter tidak akan memberikan akses ke API v2 dan v1.1. secara cuma-cuma. Kami akan membebankan biaya untuk yang tertarik memakainya.” – TwitterDev

Namun, TwitterDev masih belum beberkan informasi mendetil terkait modelan pembayaran bila akan benar diterapkan secara menyeluruh.

Indikasi Twitter Pailit

Terkait API Twitter yang akan membebankan biaya pada developer tersebut, tampaknya indikasikan Twitter hadapi kesulitan finansial. Malahan, bisa saja platform media sosial ini harus tutup lubang karena banyaknya tekanan setelah Elon Musk memegang kendali atas platform media sosial 140 karakter tersebut.

Dirombak oleh Elon Musk

Termasuk di antaranya implementasi Twitter Blue, di mana semua orang bisa mendapatkan centang biru hanya dengan membayar 100 Ribuan Rupiah. Bisa saja ini adalah rencana awal untuk memperbaiki kondisi finansial Twitter.

Biayanya lumayan mahal sih, brott

Kembali membahas API media sosial ini, dapat disimpulkan setelah 9 Februari 2023 para developer yang membutuhkan akses tersebut harus membayar biaya bulanan. Atau, boleh jadi Twitter memiliki rencana lain, termasuk di antaranya rencana Elon Musk merombak di kemudian hari.

Gak Bakalan Imbas ke Game Mobile

Setelah diulik lebih mendalam, untungnya akses API Twitter ini tak bakalan berimbas ke game mobile. Di antaranya Azur Lane, Genshin Impact, Arknight, Free Fire, dan beberapa game yang membutuhkan akses API, konon dikatakan takkan terdampak.

Informasi tersebut ditegaskan oleh salah satu developer game melalui akun Twitter-nya, yang mana hal tersebut takkan berdampak pada proses login pada akun pemain sama sekali.

Semoga gak ada masalah yah, brott!

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk tetap waspada, dan coba untuk hubungkan akun lain supaya hal tak diinginkan terjadi di kemudian hari.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version