Alami Masalah FPS di DOTA 2? Performance Test dari Valve Ini Mungkin Dapat Membantu

lalaal2

Komunitas DOTA 2 telah komplain soal performa game yang memburuk semenjak kehadiran patch 7.00. Dan hingga saat ini Icefrog ataupun Valve belum mengatasi masalah tersebut hingga saat ini, yang ada malah beberapa pemain merasa performa game makin buruk di tiap rilisnya update baru.

Tak hanya mereka dengan PC pas-pasan saja yang mengalami masalah performa game ini, namun beberapa pemain dengan PC high-end juga mengalami hal serupa. Komunitas game ini di Reddit mulai meminta Valve untuk segera memberikan patch untuk masalah ini, namun tampaknya hal tersebut belum terealisasi dengan kesibukan mereka melakukan balancing kepada hero pool serta gameplay sekaligus dengan Kiev Major yang hadir sebentar lagi.

Wykrhm Reddy, tokoh yang sudah banyak dikenal oleh komunitas DOTA sebagai moderator subreddit DOTA 2, pemberi info DOTA 2 terbaru, sekaligus pria yang dicurigai banyak orang sebagai Icefrog ini baru saja membuat guide soal Performance test yang telah disuntikkan oleh Valve dengan harapan dapat memberikan solusi untuk mereka yang mengalami masalah FPS selagi menunggu patch dari pihak Icefrog ataupun Valve.

Berikut adalah tahap-tahap yang perlu dilakukan untuk melakukan performance test.


1. Menghidupkan Console Command di game

Pada guide ini, kalian harus pastikan telah mengaktifkan console command dalam game sebelum lanjut ke tahap selanjutnya. Untuk mengaktifkan console command bisa dilakukan di opsi Settings> Options> Advanced Options > Game dan klik ‘Enable Console‘, atau memasang command “-vconsole” atau “-console” pada launch option.


2. Menjalankan Perfomance Test

Ada beberapa opsi performance test yang ditawarkan oleh Wykrhim, namun tahapnya hampir sama dan terserah padamu untuk memilih yang mana.

Performance test pada hero demo

Performance test dengan Local bot game

Performance test dengan Lobby bot


3. Menyimpulkan hasil dari perfomance test

Setelah hasil dari performance test ini didapatkan, sekarang saatnya untuk mengartikan maksud dari hasil test tadi agar dapat dicari tahu apa yang harus kamu tweak untuk dapatkan performa yang terbaik.

Membandingkan hasil FPS dari performance test


Berikut adalah sebagian dari apa yang ditulis Wykrhm pada guide-nya. Untuk membaca lebih detil lagi kamu bisa baca disini.

Sebagai catatan, performance test ini tentunya takkan 100% berhasil untuk semua orang dan ya, intinya kamu harus mengurangi kualitas grafis di game. Setidaknya dengan hasil performance test ini kamu bisa tahu setting apa yang benar-benar menguras FPS di game.

Pada akhirnya masalah FPS yang banyak dikomplain saat ini dikarenakan masalah optimisasi setelah migrasi dari Source Engine lama ke Source Engine 2, belum lagi dengan semakin banyaknya efek visual serta item kosmetik baru yang membuat game belum teroptimisasi sepenuhnya oleh developer. Kita masih harus menunggu patch dari Valve untuk masalah performa ini. Setidaknya keberadaan guide yang ditulis Wykrhm ini menjadi solusi sementara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah FPS yang makin menggila di game ini semenjak DOTA 2 berpaling ke Source Engine 2.

Exit mobile version