Alan Wake 2 Rilis Versi Digital-Only Saja Tanpa Versi Fisik, Kenapa?

Alan Wake 2 Digital-Only

Alan Wake 2 Rilis Versi Digital-Only – Sungguh mengejutkan ketika trailer terbaru dari Alan Wake 2 tiba-tiba muncul dalam PlayStation Showcase beberapa waktu lalu. Sekuel game yang sudah ditunggu lebih dari satu dekade ini disambut positif dari para fans, terlebih dengan sajian gameplay yang lebih horror dan datangnya beragam karakter baru.

Alan Wake 2 telah dikonfirmasi siap hadir melalui platform konsol dan PC. Namun bagi pengguna konsol sepertinya ada kabar yang sedikit mengecewakan. Dimana developer memutuskan untuk merilis game hanya melalui digital, dengan artian tidak ada versi fisik/disc.

Alasan Alan Wake 2 Rilis Digital-Only Saja

Alasan Alan Wake 2 Hanya Rilis Digital

Game dalam bentuk fisik hingga kini memang masih menjadi tradisi bagi para gamer konsol, terutama untuk game AAA yang sudah pasti akan miliki versi disc. Namun tradisi tersebut akan dipecahkan oleh Remedy Entertainment selaku developer dari Alan Wake 2, yang mana game telah dikonfirmasi hanya rilis secara digital.

Melalui situs resmi developer, Remedy menyatakan banyak alasan game Alan Wake 2 Digital-Only saja tidak ada versi fisik. Namun yang paling utama adalah game digital yang saat ini lebih populer.

Popularitas tersebut terbukti dari sejumlah konsol next-gen yang tak lagi mendukung game fisik seperti Xbox Series S dan PlayStation 5 Digital Edition.

Alan Wake 2

Disamping itu, dengan tidak merilis game secara fisik, developer dapat mempertahankan harga game dibawah $70. Sudah dikonfirmasi bahwa Alan Wake akan dibanderol harga $60 di konsol dan $50 di PC. Tentu hal tersebut dapat tercapai karena developer tak lagi perlu mengeluarkan biaya produksi untuk game fisik.

Selain itu, ukuran dari game juga menjadi pengaruh lantaran kapasitas disc tidak akan cukup untuk menampung game. Sehingga meski menggunakan disc, pemain tetap diharuskan untuk mengunduh game layaknya membeli digital.

Remedy kemudian bertekad bahwa mereka tidak miliki rencana mengubah keputusan ini di masa mendatang.

Kabar ini nyatanya cukup membuat kecewa sebagian gamer, lantaran kehadiran game digital belum bisa menghilangkan minat dari game fisik. Sebagian gamer masih memilih game fisik dengan berbagai alasan seperti preservasi game, keperluan koleksi atau menghindari proses download bagi gamer yang terkendala akses internet.

Rekap Pengumuman Game Baru di PlayStation Showcase 2023

Rekap Pengumuman Game Baru di PlayStation Showcase 2023

PlayStation Showcase 2023 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu merupakan acara yang pastinya sudah dinanti-nanti oleh banyak gamer. Berbagai pengumuman seperti trailer dan game baru disiarkan secara langsung dengan penuh kejutan dan hal tak terduga.

Pengumuman game terdiri atas beberapa game indie dan juga sederetan game AAA yang sudah pernah diumumkan maupun yang baru saja muncul. Alan Wake 2 menjadi salah satu penyumbang dalam acara dengan menampilkan gameplay serta kehadiran Sage Anderson sebagai playable character baru.

Selain itu, kejutan lainnya datang dari Metal Gear Solid Delta Snake Eater yang merupakan remake dari game klasik garapan developer Konami. Di penghujung acara juga dipamerkan gameplay dari Marvel’s Spider-Man 2 yang tampilkan kostum Symbiote secara perdana. Lebih lengkapnya lagi dapat dilihat melalui artikel berikut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Alan Wake atau artikel lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version