Produser Final Fantasy XVI Ungkap Alasan Game-nya Tidak Langsung Hadir di PC

Ffxvi

Hari perilisan game Final Fantasy XVI hanya tersisa dalam hitungan jari lagi, fans tentu semakin tak sabar untuk menjajal iterasi terbaru game besutan Square Enix tersebut yang kini sepenuhnya sajikan pengalaman Action-RPG.

Walau demikian, seperti yang kita tahu bahwasannya Final Fantasy XVI ini akan hadir secara eksklusif terlebih dahulu untuk PlayStation 5, dan versi PC akan menyusul namun dalam waktu yang tidak dekat. Sang produser — Naoki Yoshida atau yang kerap dipanggil Yoshi-P buka suara terkait alasan mengapa gamenya tidak langsung hadir di PC.

Lewat livestream Final Fantasy XVI yang digelar baru-baru ini (via DSOGaming), sang produser sekilas menjelaskan bahwa tim pengembang sendiri memang ingin menghadirkan versi PC, namun belum mampu membawakan fitur seamless loading seperti di PlayStation 5 mendekati waktu perilisan gamenya.

Yoshi-P sendiri sebelumnya juga telah menyebutkan bahwa mereka ingin memoles Final Fantasy XVI lebih jauh untuk versi PC dan setidaknya tidak akan hadir dalam kurun waktu enam bulan. Walau belum ada estimasi tanggal yang pasti, agaknya versi PC baru akan hadir paling cepat di tahun 2024.

Alasan Yoshi-P tersebut tentu menimbulkan banyak asumsi bahwa Square Enix sejatinya memiliki kerjasama dengan Sony agar Final Fantasy XVI terlebih dahulu secara timed-exclusive di PlayStation 5. Terlebih ketika sang produser juga mengungkapkan bahwa engineer dari Sony juga turut membantu pengembangan game ini. Hal ini bukan sesuatu yang baru tentunya, karena hubungan erat antara dua perusahaan game asal Jepang ini sendiri sudah cukup diketahui secara publik.

Terlepas dari itu semua, satu hal yang tentu sangat diinginkan para fans adalah pihak pengembang dapat memanfaatkan waktu timed-exclusive ini untuk menghadirkan versi PC yang optimal demi pengalaman yang lebih baik. Mengingat banyak developer game AAA dalam beberapa tahun belakangan ini kerap merilis game yang jauh dari kata matang.

Final Fantasy XVI (via Square Enix)

Final Fantasy XVI direncanakan rilis pada 22 Juni mendatang, secara eksklusif terlebih dahulu untuk PlayStation 5. Versi PC diekspektasikan baru akan hadir paling cepat di tahun 2024.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Final Fantasy XVI atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version