Kenapa Baterai HP Cepat Habis? Inilah Penjelasan Lengkap dan Tipsnya!

Kenapa Baterai Hp Cepat Habis

Bila kita amati, masih saja ada yang menanyakan Kenapa Baterai HP Cepat Habis meski teknologi saat ini bekali smartphone baterai dengan kapasitas ribuan mAh. Jawabannya bisa saja pendek dan bisa saja panjang, karena akan ada banyak sekali faktor yang mendasarinya.

Banyak sekali alasan baterai bisa cepat habis atau drop

Di antara kalian tentu ada yang masih bertanya-tanya, kira-kira apa sih alasan yang menyebabkan Baterai HP Cepat Habis. Termasuk di antaranya Cara agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, karena tentunya akan menyebalkan bila baterai smartphone kita habis di saat yang tidak tepat.

Nah, kami akan merangkum penjelasan lengkap dan beberapa tips supaya Baterai HP kalian tak terlalu ‘bocor’ saat dipakai temani keseharian.

Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis

Jangan sampai baterainya habis yah, brott!

Sebagaimana yang kita ketahui, ada banyak alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis. Setidaknya, ada alasan kenapa baterai smartphone yang kita gunakan begitu cepat habis layaknya tersedot:

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Meski saat ini kita memiliki smartphone kelas sultan sekalipun, tak ada yang bisa kabur dari jeratan Baterai HP Cepat Habis. Dalam kebanyakan kasus, hal ini disebabkan terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di background, yang membuat chipset bekerja keras untuk tetap responsif saat kita memakainya.

Cara antisipasinya adalah dengan mematikan, atau uninstall bermacam aplikasi yang sama sekali tidak berguna. Dengan demikian, prosesor akan berjalan lebih santuy dan lebih minim masalah.

2. Menjalankan Aplikasi Berat

Salah satu alasan mendasar kenapa baterai pada smartphone kita cepat habis dikarenakan menjalankan aplikasi berat, termasuk di antaranya games. Di mana tidak dapat dipungkiri bahwa game zaman now termasuk berat untuk ukuran smartphone. Jadi, tak heran bila baterai akan cepat habis diperas aplikasi tersebut.

Antara kamu mengistirahatkannya barang sesaat atau tak terlalu sering menjalankan bermacam aplikasi berat, tentunya ini bakal memberikan ruang untuk bernapas bagi smartphone secara temporer.

3. Layar HP Terlalu Cerah

Layar HP yang terlalu cerah sudah tentu akan cepat habiskan baterai smartphone-mu secara masif. Ini dikarenakan layar tersebut dipaksa untuk tampilkan kecerahan dalam ukuran Peak Brightness (Nits) di atas rata-rata pemakaian normal.

Gunakanlah auto-brightness yang biasanya dilambangkan dengan ikon ‘A’ pada smartphone supaya kecerahannya dapat diatur secara otomatis, tergantung situasi dan kondisi untuk solusi atau Cara Menghemat Baterai HP yang cukup efektif.

4. Refresh Rate yang Terlalu Tinggi

Tidak hanya layar pada komputer atau laptop saja yang memiliki refresh rate yang tinggi. Entah untuk pemakaian standar alias produktivitas atau gaming, tetapi refresh rate yang tinggi akan memakan daya yang bisa dikatakan cukup besar, loh.

Kebetulan penulis yang saat ini memakai Xioami 11T untuk produktivitas, menurunkan refresh rate dari 120Hz ke 60Hz, semua demi ketahanan baterai yang lebih baik. Selain itu, ini bisa jadi Cara agar Baterai HP Tidak Cepat Habis yang termudah untuk kalian lakukan.

5. Memakai Animated Wallpaper atau Carousel

Faktanya, penyebab Baterai HP Cepat Habis erat kaitannya dengan pemakaian wallpaper gerak-gerak atau animated wallpaper. Sama halnya carousel, konsep dari fitur ini ialah memberikan gambar dinamis untuk hadirkan keunikan tersendiri, yaitu gonta-ganti gambar secara otomatis.

Cukup nonaktifkan fitur satu ini, dan voila, kamu sudah bisa menghemat beberapa persen daya baterai yang terbuang secara sia-sia tiap harinya.

6. HP Dipaksa Mencari Sinyal

Berbicara sinyal, ini adalah salah satu hal yang menarik untuk dikaitkan dengan baterai. Wajar bila Baterai HP terlalu cepat habis, lantaran smartphone akan digenjot kemampuannya untuk mencari sinyal untuk dapat kita gunakan. Malahan, dampak lainnya adalah HP akan cepat panas juga.

Ini adalah salah satu Penyebab Baterai HP Cepat Habis. Jadi, carilah tempat yang memiliki jangkauan sinyal, atau nonaktifkan jaringan seluler untuk hemat daya dan kurangi potensi panas pada smartphone.

7. Ada Masalah di Baterainya

Terakhir, adanya masalah di baterai sudah pasti akan memberikan dampak negatif yang pastinya kentara. Lagi asik WhatsApp-an, eh baterai habis. Lagi asik nonton film, eh baterai sisa 10%. Padahal baru sepuluh menit. Mau gak mau, kita harus ke tempat servis buat ganti baterainya ketimbang sakit hati.

Biasanya, harga dari baterai gak terlalu mahal kok. Jadi, ketimbang baterai cepat habis dan panas pula, kamu bisa coba ganti baterai supaya tak terjadi masalah di kemudian hari. Di antaranya baterai gembung, meleduk, dan lain-lainnya yang semoga saja tak terjadi.

Bonus: Kenapa HP Tidak Bisa di Cas

Selain masalah-masalah di atas, ada satu masalah yang bisa saja hantui mereka yang dominan gunakan smartphone di kesehariannya. Parahnya, masalah tersebut sampai membuat smartphone tersebut tidak bisa di cas, atau diisi dayanya sama sekali.

Bermacam masalah di smartphone, termasuk di antaranya baterai

Selain masalah yang telah kami sebut di atas, bisa saja masalah ini terjadi pada port IC pada smartphone. Kependekan dari integrated circuit ini biasanya memiliki tugas yang berbeda-beda, dan biasanya akan menyangkut ke bisa atau tidaknya IC tersebut pasok daya ke dalam baterai.

Bilamana masalah ini terjadi, mau tidak mau kamu harus membawanya ke tempat servis, karena masalah ini sama sekali tidak bisa kita kerjakan sendiri, kecuali kebetulan paham dan mengerti cara untuk atasinya.

Untuk aktivitas berat semacam gaming, lebih baik main di komputer

Nah, itulah dia pembahasan mengenai Kenapa Baterai HP Cepat Habis. Apakah kalian punya pengalaman tidak mengenakkan dikarenakan masalah di atas? Yuk, share pengalaman kalian di kolom komentar!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version