Mantan Desainer Skyrim Ungkap Alasan Pengumuman The Elder Scrolls 6 Terlalu Cepat

The Elder Scrolls 6

Pengumuman The Elder Scrolls 6 – Sudah 5 tahun telah berlalu sejak Bethesda umumkan trailer perdana The Elder Scrolls 6 pada E3 2018 lalu. Pengumuman itu sempat membuat gamer heboh melihat franchise ini belum dapatkan iterasi baru selama bertahun-tahun.

Kini yang menjadi pertanyaan ialah berapa lama game keenam tersebut akan siap rilis? Starfield telah rilis dan game tersebut juga diumumkan pada hari yang sama dengan game keenam RPG fantasi tersebut, tetapi tampaknya tak ada pertanda TES 6 akan dapat dimainkan dalam waktu dekat.

Mantan Desainer Skyrim Sebut Alasan Pengumuman The Elder Scrolls 6 Terlalu Cepat

Mantan Desainer Skyrim sebut alasan pengumuman game baru The Elder Scrolls dirasa terlalu cepat

Bruce Nesmith selaku mantan Desainer Skyrim dan juga veteran di Bethesda yang kini telah hengkang dari studio tersebut jelaskan bahwa perusahaan sengaja umumkan game terlalu awal untuk hindari amukan dari fans.

Jika diingat-ingat kembali, E3 2018 lalu Bethesda tampaknya ingin sepenuhnya fokus pada pengumuman Fallout 76, sebuah game spinoff Fallout dengan fokus pada elemen online multiplayer dan juga live service.

Melihat ini merupakan sesuatu yang Bethesda belum pernah lakukan sebelumnya dan bukan juga game yang mayoritas fans harapkan dari studio tersebut, besar kemungkinan kalau The Elder Scrolls 6 diumumkan sebagai rencana B apabila fans tak senang dengan apa yang mereka perlihatkan di Fallout 76.

Tahun 2018 juga menjadi momen di mana fans masih ramai membicarakan “insiden Diablo Immortal” di mana fans Diablo dibuat begitu kecewa ketika game terbaru yang studio tengah kembangkan ialah spinoff mobile dan bukan iterasi utama seri tersebut.

The Elder Scrolls

Menurut pendapat Bruce Nesmith, strategi umumkan game jauh sebelum produksi rampung merupakan resep kegagalan. Baginya industri game miliki daya ingat yang pendek, maka momen yang tepat untuk umumkan sebuah game ialah 6 bulan sebelum rilis.

Setidaknya itu yang ia lakukan selama ini di Bethesda mulai dari perilisan The Elder Scrolls V: Skyrim dan juga Fallout 4. Dalam momentum waktu tersebut, game dapat dipasarkan lebih mudah dan pemain juga lebih cepat dibuat hype karena telah miliki deretan detil gameplay yang bisa dilihat.

Kembali bicara soal The Elder Scrolls VI, pengumuman di tahun 2018 tersebut lebih ditujukan sebagai janji dari Todd Howard ketimbang pemberitahuan kalau game tengah diproduksi.

“Faktanya ialah, kau tahu, bakal ada amukan [dari gamer], hal ini yang membuat Todd dibuat berkata ‘ya, kami akan membuat Elder Scrolls 6, saya janji sungguh-sungguh.’ Tetapi kemungkinan besar ialah kamu takkan mendengar detil apapun sampai 6 bulan menjelang rilis.”

Bruce Nesmith

Todd Howard Juga Akui Menyesal Umumkan TES 6 Buru-Buru

Todd Howard

Keputusan mengumumkan The Elder Scrolls VI terlalu awal ini juga menjadi penyesalan tersendiri bagi Todd Howard. Dia akui bahwa itu menjadi ide buruk melihat status game yang saat itu yang masih dalam tahap pre-produksi.

Selama beberapa tahun terakhir, studionya begitu fokus pada produksi Starfield, proyek game terambisius yang Bethesda pernah garap lewat deretan planet yang mampu dieksplorasi.

The Elder Scrolls VI saat ini masih dalam tahap awal produksi dan takkan siap dalam waktu dekat. Fans belum dapatkan game baru dari franchise ini selama 12 tahun, yang mereka dapatkan hanyalah deretan rilis ulang Skyrim selama satu dekade terakhir.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang The Elder Scrolls beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version