Analis Jelaskan Alasan Performa Starfield 30FPS dengan Sandwich di Game

Performa Starfield 30FPS

Performa Starfield 30FPS – Starfield menjadi salah satu game paling diantisipasi tahun ini khususnya untuk gamer Xbox dan PC. Setelah perilisan Redfall yang mengecewakan, Xbox benar-benar berharap game terbaru Bethesda itu dapat menjadi console seller.

Meski Xbox Series X dicap sebagai “console tercepat” saat ini, Bethesda konfirmasi bahwa game terbaru mereka hanya dapat dimainkan di 30FPS di console tersebut dan tak ada rencana untuk bawa 60FPS untuk saat ini.

Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut sengaja untuk pertahankan fidelitas visual yang mereka harapkan.

Alasan Performa Starfield 30FPS dengan Sandwich di Game

Analis Jelaskan Alasan Gamenya Mentok di 30FPS dengan Sandwich di Game

Meskipun visual memang penting, tampaknya gamer sekarang ini lebih mengharapkan framerate yang lebih tinggi di console mereka agar dapat menikmati game layaknya pengguna PC. 30FPS di Starfield mengundang tanda tanya apa sebenarnya yang benar-benar membuat game harus di framerate tersebut.

Sebuat debat pun muncul ketika John Linneman, seorang analis video game dari Digital Foundry, membuat penjelasan akan mengapa 30 FPS di game RPG luar angkasa itu keputusan yang wajar.

Salah satu alasan dijelaskan lewat teaser sandwich yang diperlihatkan beberapa hari lalu.

“Meskipun dipergunakan sebagai lelucon di video, konsep pembajak sandwich ini menjadi salah satu alasan kenapa 60 FPS akan sulit dicapai.”

John Linneman

Starfield disebut akan miliki sistem di mana semua item akan bertahan di lokasinya dalam waktu lama layaknya yang terjadi di game Bethesda lainnya seperti The Elder Scrolls V: Skyrim dan Fallout 4.

Starfield

Pemain dapat mengumpulkan lalu mengeluarkan banyak item secara sekaligus dan ia akan beramburan dan berada di posisi yang sama dalam waktu lama atau bahkan selamanya meski pemain telah menjauh dari lokasi.

Melihat game terbaru Bethesda itu merupakan game dengan banyak planet dan bukan satu lokasi open-world saja, mencapai framerate di atas 30 FPS akan mustahil, bahkan dengan menurunkan resolusi.

Sistem ini memang tidak penting, tetapi tetap dipertahankan oleh Bethesda selama bertahun-tahun dan tidak ada developer lain yang mencoba melakukannya. Linneman bahkan menyebutkan bahwa dia tak tahu game lain yang dapat lakukan hal tersebut.

Dapat Dukungan dari Developer God of War

Starfield

Perkara 30 FPS di Starfield ini memang menuai kritik dari gamer, tetapi mendapat dukungan oleh para ahli dan juga developer. Salah satunya ialah Dannie Carlone, senior staff environment artist dari Santa Monica alias studio di balik God of War.

Carlone mendukung keputusan 30FPS di Starfield yang baginya jauh ialah keputusan yang wajar dan bukan sekedar karena game kepepet harus mencapai target jadwal rilis. 60 FPS untuk game sebesar Starfield akan membutuhkan banyak pengorbanan dari segi visual yang di mana bisa saja tidak searah dengan direksi yang game developer inginkan.

Baginya, Bethesda ingin game tersebut lebih terasa seamless dan seminim mungkin tidak ada pop-in alias tekstur mendadak muncul di pandangan pemain. Meski dengan teknologi canggih yang dimiliki console sekarang, pada akhirnya masih belum cukup untuk beberapa game seambisius Starfield.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Starfield beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version