Alasan Resident Evil Village Hanya Rilis di Konsol Next-Gen Karena Visual dan Performa

Resident Evil 8 Village 768x432 1

Jika sebelumnya sempat terdengar kabar bahwa Resident Evil 8 atau kini disebut Resident Evil Village masih akan rilis juga di konsol generasi saat ini, lewat pengumuman perdananya beberapa waktu lalu ternyata game garapan Capcom tersebut hanya akan hadir di konsol next-gen.

Menurut sang leaker Aesthetic Gamer aka Dusk Golem melalui postingannya di Twitter, hal tersebut dikarenakan pada seri kedelapan Resident Evil ini Capcom akan lebih banyak menyuntikkan elemen eksplorasi yang tentunya akan menguras kekuatan konsol generasi saat ini jika dipaksakan rilis untuknya.

Menurutnya, langkah yang diambill pihak developer dalam mendesain Resident Evil 8 dan hadirkan perombakan pada kualitas visualnya membuat game ini akan sulit dijalankan di konsol generasi saat ini, bahkan jika dipaksakan pun malah akan memicu permasalahan seperti pop-in/long texture load.

Permasalahan load times akan terpicu karena selama memainkan game ini, kita akan lebih banyak melakukan eksplorasi keseluruh penjuru desa yang jadi setting utamanya. Hal ini tentu akan membebani sekaligus menguras kekuatan konsol generasi saat ini yang notabene memang belum dibekali SSD sepertihalnya PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Alasan inilah yang membuat Capcom pada akhirnya memutuskan untuk hanya menghadirkan RE 8 atau Resident Evil Village ini di konsol next-gen saja sekaligus memastikan agar pengembangannya tidak terbatasi teknologi last-gen.

Resident Evil Village sendiri rencananya akan rilis pada tahun 2021 mendatang di PlayStation 5, Xbox Series X, dan juga PC.


Baca juga artikel seputar Resident Evil 8, atau artikel video game menarik lain dari Yandi Nurdiansyah.

For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version