Alphabet Perkenalan Ekstensi Untuk Menyembunyikan Komentar Para Netizen Yang Toxic Agar Tidak Terlihat

Salah satu inkubator dari Alphabet yaitu Jigsaw telah merilis sebuah ekstensi Chrome yang masih dalam tahap eksperimen, ekstensi ini  dimaksudkan untuk menjadikan pengalaman menjelajah online kamu sedikit lebih baik dengan membebaskanmu dari komentar toxic. Ekstensi yang disebut Tune ini memungkinkan kamu memilih untuk melihat berbagai tingkat komentar sopan atau agresif. “Mode Zen” dapat mematikan komentar sepenuhnya, sementara “level volume” mulai dari “quiet” hingga “blaring” membiarkan berbagai tingkat toksisitas (seperti serangan, penghinaan, kata-kata kotor, dll).

Ekstensi ini bersifat open sourche menggunakan learning machine untuk menentukan seberapa besar kemungkinan komentar dianggap toxic. Itu menggunakan Perspektif, sebuah API yang dibuat pada 2017 oleh Jigsaw dan tim Google’s Counter Abuse Technology, dan sudah digunakan oleh organisasi berita termasuk The New York Times dan The Guardian untuk bereksperimen dengan moderasi online. Di bawah ini adalah contoh bagaimana Perspektif mengurutkan komentar berdasarkan toksisitas:

 

Jigsaw berhati-hati dan memberi catatan bahwa Tune adalah sebuah ekstensi yang saat ini masih dalam proses eksperimen , dan bisa tidak akurat dalam memberi label komentar mana yang bisa masuk dalam kategori Toxic. Ekstensi “tidak dimaksudkan sebagai solusi untuk target pelecehan langsung (bagi mereka yang melihat ancaman langsung dapat menjadi vital bagi keselamatan mereka), juga Tune bukanlah solusi untuk semua toksisitas,” deskripsi ekstensi. Sebaliknya, ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada pengguna bagaimana pembelajaran mesin dapat digunakan untuk meningkatkan sebuah diskusi online.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sejauh ini, ekstensi ini tersedia untuk komentar YouTube, Reddit, Facebook, Twitter, dan Disqus. Komentar yang difilter muncul kosong dengan titik, yang dapat dibuka untuk menampilkan komentar yang sebenarnya.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version