7 Alternatif Rufus untuk Mudahkanmu Lakukan Instalasi Windows

Alternatif Rufus

Buat kamu-kamu yang ingin lakukan pemasangan atau instalasi sistem operasi berbasis Windows, tentunya sudah akrab dengan aplikasi Rufus. Selain aplikasi ini, ternyata ada beberapa alternatif Rufus yang tawarkan fungsi serupa untuk pasang sistem kesayangan.

Nah, buatmu yang tengah cari alternatif Rufus untuk instalasi Windows, kebetulan kami miliki beberapa rekomendasi.

1. Windows Media Creation Tool

Jelas sekali bahwa alternatif Rufus yang akan kami rekomendasikan pertama kali adalah Windows Media Creation Tool. Cara gunakannya pun terbilang mudah, karena yang kamu butuhkan hanyalah USB dengan kapasitas minimal 8GB dan koneksi internet yang memadai.

Tidak usah memusingkan langkah apa yang harus kamu ambil, karena Windows Media Creation Tool akan siapkan semuanya untukmu. Entah untuk kebutuhan instalasi Windows, maupun proses reparasi, tentunya semua bisa dieksekusi dengan aplikasi besutan Windows.

2. Ventoy

Alternatif Rufus kedua yang bisa kami rekomendasikan adalah Ventoy, yang bisa dibilang salah satu aplikasi yang cukup worth brott coba. Aplikasi untuk mudahkanmu instal sistem operasi ini tidak hanya dukung Windows, namun termasuk sistem operasi lain semacam Linux.

Menariknya, Ventoy berikanmu opsi di mana kamu bisa memasang bootable sistem operasi yang berbeda, Linux dan Windows misalkan. Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung open-source yang jadikan orang boleh buat versinya sendiri sesuai preferensi.

3. Power ISO

Jika kamu adalah seorang yang sudah ‘khatam’ dengan dunia per-iso-an, tentunya kalian tahu dengan aplikasi yang satu ini. Selain lakukan burn maupun compress, Power ISO bisa kamu manfaatkan untuk membuat bootable sistem operasi kesayangan.

Harus dicatat bahwa Power ISO hanya bisa digunakan di platform Windows, yang artinya cukup terbatas dalam berikan opsi.

4. Etcher

Salah satu alternatif Rufus untuk lakukan instalasi Windows adalah balenaEtcher, yang kerap disebut Etcher. Aplikasi ini tawarkan cara kerja yang kurang lebih sama dengan Rufus, dan sudah bersertifikat open-source.

Etcher tawarkan kecepatan pemrosesan yang diklaim lebih cepat ketimbang kompetitor. Namun, kami belum bisa buktikan hal tersebut karena belum mencobanya.

5. Popsicle

Beralih ke alternatif Rufus khusus platform Linux, kami temukan Popsicle yang tawarkan kemampuan serupa. Kelebihan dari Popsicle terletak pada kemampuannya yang mampu eksekusi dalam beberapa perangkat secara bersamaan.

Harus digarisbawahi bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Pop!_OS yang merupakan kreasi dari tim System76. Setidaknya, ini bisa jadi salah satu alternatif yang boleh kamu coba bila demen dengan cara yang tak biasa.

6. UNetbootin

Buatmu yang sedang gunakan sistem operasi Ubuntu, kamu bisa coba gunakan Unetbootin untuk membuat bootable USB berisikan sistem operasi Windows. Aplikasi ini terbilang cukup user-friendly, membuatmu takkan kepayahan ketika cobanya.

Cara kerjanya pun benar-benar semudah apa yang ditawarkan oleh Rufus, cukup masukkan USB, dan biarkan aplikasi ini kerjakan semuanya untukmu.

7. WoeUSB

Woeusb Alternatif

Alternatif Rufus terakhir yang bisa kami berikan tampaknya akan cocok buatmu yang ingin kembali dari Linux ke Windows. WoeUSB adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang mudahkanmu lakukan instalasi Windows yang bisa dilakukan dari Linux.

Tampilannya yang terlihat sederhana namun fresh, bolehkanmu untuk berbetah menatap layar ketika membuat sebuah bootable.

Itulah dia 7 alternatif Rufus yang bisa kami berikan. Tentunya setiap aplikasi ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang pasti, kamu harus sesuaikannya kembali dengan skema pemakaianmu ya, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com



Exit mobile version