AMD akan Siapkan 3 Prosesor Entry-Level dengan Arsitektur Zen 2

Amd Refresh Header Zen 2

Di tengah langka dan mahalnya sebagian besar prosesor entry-level yang tersedia di pasaran, AMD tengah mempersiapkan 3 prosesor terbarunya. Ketiga prosesor yang mengincar segmen entry-level tersebut mengusung arsitektur Zen 2, yaitu Ryzen 5 4500, Ryzen 3 4100, dan Athlon Gold 4100GE. Hal ini semakin diperkuat oleh seorang hardware enthusiast yang cukup dikenal, Komachi Ensaka melalui cuitannya di Twitter.

https://twitter.com/KOMACHI_ENSAKA/status/1415865618553741312

Prosesor Zen 2 “Refresh”

Sesuai gambar di atas, terdapat tiga prosesor desktop Zen 2 baru yang disebutkan. AMD Ryzen 5 4500, Ryzen 3 4100, dan Athlon Gold 4100GE diklaim sebagai sebuah produk “refresh” karena masih menggunakan arsitektur Zen 2. Hal ini dikarenakan prosesor tersebut masih merupakan bagian dari jajaran seri 4000 yang keluar tahun lalu, meskipun terbatas secara OEM.

Saat ini, tidak ada prosesor entry-level dengan arsitektur Zen 3 di jajaran seri 5000. Dengan demikian, AMD berharap bila prosesor terbaru mereka tersebut dapat menjadi sebuah langkah penyegaran untuk jajaran prosesor lama mereka.

Prosesor Termurah AMD Sudah Menggunakan 4 Core

AMD Ryzen 5 4500 masih menggunakan spesifikasi yang sama dengan pendahulunya, yaitu AMD Ryzen 5 3500. Prosesor ini masih hadir dengan 6 Core dan 6 Thread, dengan TDP 65W. Begitu pula dengan AMD Ryzen 3 4100, sepertinya tidak ada perbedaan signifikan secara spesifikasi yang diberikan oleh AMD pada prosesor terbaru mereka.

Namun, sepertinya AMD ingin mengalahkan Intel pada segmen entry-level, karena prosesor termurah AMD sudah memiliki 4 Core dan dilengkapi dengan integrated yang mumpuni. Prosesor AMD Athlon Gold 4100GE ini hadir dengan 4 Core dan 4 Thread, dan disempurnakan dengan Vega 3. Prosesor ini siap menantang semua jajaran Intel Pentium Gold yang masih menggunakan 2 Core dan 4 Thread.

Sama seperti prosesor pendahulunya, prosesor AMD Ryzen 3500 sebelumnya hanya tersedia secara eksklusif untuk negeri Tiongkok, dan tidak tersedia secara global. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa prosesor terbaru ini akan tersedia secara global, namun sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Kalau beneran bisa masuk ke Indonesia, siap-siap prosesor Athlon Gold bakal jadi incaran sebagian orang nih!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version