AMD Akui Radeon RX 7900 XTX Mengalami Masalah, Boleh Tukar Unit

Radeon RX 7900 XTX

Setelah beberapa waktu lalu heboh dengan performa RX 7900 XTX yang mencapai temperatur 115 derajat Celcius. Panas yang berlebih ini menyebabkan penurunan performa atau yang biasanya disebut throttling

AMD masih menyelidiki penyebab kasus throttling ini terjadi. Sembari membolehkan konsumen melakukan retur jika mengalami kendala tersebut. Namun sejauh ini hanya seri RX 7900 XTX yang mengalami panas berlebih.

Tidak semua RX 7900 XTX yang mengalami kendala serupa. Hanya sebagian yang menggunakan reference design dari AMD yang mengalami masalah panas tersebut. Sehingga produsen AIB yang tidak menggunakan desain dari AMD tidak akan terkena dampak seperti ini.

AMD Akui Radeon RX 7900 XTX Alami Masalah Vapor Chamber

Pengumuman VGA anyar dari AMD tahun lalu

Untungnya hanya varian XTX yang mengalami hal ini dan varian XT sejauh ini aman dari masalah demam tinggi tersebut. Kemungkinan besar disinyalir masalah ini muncul dikarenakan cairan di dalam vapor chamber seperti yang telah ditemui oleh Der8auer seorang overclocker profesional.

Scott Herkelman

Masalah ini pun diinvestigasi oleh AMD dan lewat Scott Herkelman, Senior Vice President dan General Manager pada AMD Radeon mengonfirmasi sumber masalah yang menimpa kartu VGA teranyar mereka. Sesuai laporan AMD, memang ada sebagian kartu grafis RX 7900 XTX mereka yang mengalami masalah di vapor chamber. Lebih tepatnya adanya kekurangan liquid pada pipa vapor chamber yang menyebabkan panas ini terjadi.

Pengguna AMD Radeon yang Kena Bisa Ajukan Tukar Unit

Pengguna bisa tukar unit jika terdampak masalah panas belebih

Kini AMD dan produsen VGA yang menggunakan desain Made by AMD telah membuka penukaran unit VGA bagi yang terdampak throttling. Pelanggan bisa menghubungi bagian dukungan dari AMD untuk diinformasikan lebih lanjut dilansir dari situs videocardz.

VGA yang kena kasus panas

Melihat banyak sekali kasus dari kedua kubu baik NVIDIA yang mengalami kasus kabel meleleh dan kini AMD juga mengalami panas berlebih. Produsen tampaknya harus mulai lebih berhati-hati sebelum merilis produk mereka agar hal seperti ini sebisa mungkin tidak terjadi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version