AMD Dan Cray Bersama Membangun Super Komputer Tercepat Di Dunia Untuk Amerika

superkomputer

Superkomputer, mungkin banyak diantara kalian yang belum paham, apasih itu superkompter. Superkomputer jika dilihat dari namanya adalah sebuah komputer yang memiliki kinerja proses diatas rata-rata komputer normal, dimana kinerjanya tidak bisa dibandingkan dengan komputer yang ada dirumahmu, dan kini Amerika akan segera membangun superkomputer tercepat di dunia yang akan dibangun pada tahun 2021.  Menurut dDpartemen Energi Amerika Serikat pada hari ini.

Mesin itu dijuluki dengan nama Frontier, akan dibangun oleh desainer chip AMD dan produsen superkomputer Cray untuk Oak Ridge National Laboratory di Tennessee. Diharapkan untuk menghasilkan lebih dari 1,5 exaflops kekuatan pemrosesan, dan akan digunakan untuk berbagai tugas, melakukan perhitungan lanjutan di bidang-bidang seperti penelitian nuklir dan iklim. Frontier dikatakan mampu melakukan  perhitungan secepat 1.5  Quintillion per detik.

“Kinerja pemecahan rekor Frontier akan memastikan kemampuan negara kita untuk memimpin dunia dalam sains yang meningkatkan kehidupan dan kemakmuran ekonomi semua orang Amerika dan seluruh dunia,” kata Sekretaris Energi Rick Perry dalam sebuah pernyataan pers. “Frontier akan mempercepat inovasi dalam AI dengan memberikan para peneliti Amerika data kelas dunia dan sumber daya komputasi untuk memastikan penemuan hebat berikutnya dibuat di Amerika Serikat.”

Menurut informasi yang kami dapatkan dari The verge, Frontier harus menjadi contoh paling maju dari apa yang dikenal sebagai “komputasi exascale.” Ini adalah generasi berikutnya dari kapasitas komputasi, di mana kekuatan pemrosesan diukur dalam exaflops, atau trilyunan perhitungan per detik. Triliun adalah satu dengan delapan belas nol kekalahan di belakangnya: 1.000.000.000.000.000.000.000.

Untuk memberikan gambaran skala mesin semacam ini, AMD mengatakan Frontier akan memiliki kekuatan pemrosesan sebanyak 160 superkomputer tercepat saat ini. Ini akan dapat menangani jumlah data yang mencengangkan, dengan bandwidth 24.000.000 kali lebih besar dari koneksi internet rumah rata-rata, mampu memproses 100.000 film HD dalam satu detik. Itu juga akan memiliki jejak yang sangat besar, dengan mengambil 7.300 kaki persegi ruang (kira-kira setara dengan dua lapangan basket) dan berisi 90 mil kabel.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Frontier bukan satu-satunya komputer luar negeri yang saat ini sedang dibangun AS. Awal tahun ini, Departemen Energi mengumumkan proyek serupa: Aurora superkomputer, yaitu sebuah superkomputer lain yang sedang dibangun oleh Intel dan Cray di Argonne National Laboratory. Aurora kemungkinan akan menjadi superkomputer exascale pertama di AS, tetapi tidak akan sebesar Frontier.

Di Dunia Amerika bukanlah satu-satunya yang mempunyai superkomputer yang sangat cepat. Contohnya seperti Cina, Cina diharapkan memiliki superkomputer exascale sendiri dan dikatakan akan segera beroperasi pada 2020 setahun di depan Amerika. Cina juga merupakan pemimpin dunia dalam hal volume superkomputer, dan saat ini menjadi rumah bagi 227 komputer tercepat di dunia (dibandingkan dengan hanya 109 yang dioperasikan oleh AS). Jepang dan Uni Eropa adalah pesaing utama lainnya.

Saat ini, chip superkomputer sebagian besar berada di tangan Intel, dan AMD belum memasok prosesor untuk superkomputer sejak 2012, ketika CPU AMD Opteron digunakan untuk mendorong komputer Titan ORNL ke benchmark 17,59 petaflops per detik.

Moorhead mengatakan kepada The Verge bahwa Departemen Energi kemungkinan memilih AMD karena sejumlah alasan, termasuk kinerja prosesornya, dan keberhasilannya baru-baru ini merancang silikon semi-kustom untuk Microsoft dan Sony. “Ini menjadi pertanda baik bagi masa depan AMD karena ini adalah teknologi yang seharusnya beredar dipasaran setelah tahun 2021,” kata Moorhead.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita lainya tentang tech dari Rizki.

Exit mobile version