AMD Jawab Tantangan Apple dengan Prosesor Zen 4

Amd Zen 4

Sehari sebelumnya, kita sempat dikejutkan oleh Apple yang akan membuat prosesor penerusnya dalam beberapa tahun mendatang. Kubu merah, AMD seolah menyadari rencana si buah apel yang ingin mencoba ambil titel prosesor terkuat. Akan rilis dalam waktu mendatang, AMD dikabarkan telah siap untuk jawab tantangan Apple dengan prosesor Zen 4 miliknya.

Akan Rilis di Tahun yang Sama

Berdasarkan roadmap Apple Silicon, prosesor penerus dari M1 yang diklaim terkuat saat ini akan dirilis pada tahun 2023. Prosesor dengan beberapa codename yang berbeda tersebut digadangkan akan menggunakan 40 cores, dan kemungkinan akan menggunakan penempatan modul yang berbeda.

CEO AMD, Lisa Su, dalam roadmap-nya membahas tentang pengembangan prosesor dengan 96 cores codename Genoa, dan 128 cores codename Bergamo. Selain mempersenjatai prosesornya dengan jumlah cores yang banyak, tak lupa AMD sempurnakan lagi dengan menggunakan fabrikasi 5nm.

Penerapan fabrikasi 5nm tersebut dikabarkan dapat semakin memperkuat tenaga, termasuk efisiensi daya sebanyak 25% dibanding prosesor generasi sebelumnya. Selain itu, kedua generasi teranyar dengan codename Genoa dan Bergamo sudah mendukung DDR5, PCIe 5.0, dan CXL 1.1.

Perilisan dua prosesor dengan codename berbeda ini pun juga seolah merupakan sebuah jawaban untuk kembali menantang sang raksasa biru Intel. Saat ini, Intel memang telah menerapkan teknologi serba baru dalam prosesornya tersebut, sehingga membuat AMD harus berhati-hati ketika merilis prosesor.

Selain kedua prosesor generasi baru, terdapat pula generasi Zen 4c yang tentunya masih dalam fabrikasi 5nm. Akhiran ‘c’ tersebut ternyata memiliki peruntukan yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan cloud computing yang sedang naik daun tersebut.

Masih berdasarkan data roadmap AMD Accelerated Data Center, Zen 4c Genoa menawarkan lebih sedikit L3 cache untuk menyesuaikan skema penggunaan.  Sedangkan Bergamo dikatakan akan lebih difokuskan untuk mampu menawarkan performa dan efisiensi yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version