AMD Keluarkan Prosesor Renoir-X untuk Bersaing dengan Intel

Amd Refresh Zen 2

Kubu merah AMD sepertinya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bersaing dengan prosesor terbaru dari Intel. Seolah telah mempersiapkannya entah dari kapan, kini AMD keluarkan prosesor anyarnya dengan codename Renoir-X untuk kembali melawan Intel.

Gunakan Arsitektur Zen 2

Informasi ini pertama kali dicuit oleh momomo_us, yang memberitahukan sebuah postingan dari seorang user forum CHIPHELL.

Berdasarkan informasi di forum tersebut, AMD memang telah mempersiapkan prosesor dengan codename Renoir-X yang masih merupakan platform AM4. Prosesor ini dikatakan tak dibekali dengan integrated graphics seperti saudaranya, Ryzen 4000G. Selain itu, Renoir-X dikatakan tidak akan menawarkan varian high-end seperti Ryzen 7.

Artinya, kubu merah AMD hanya menyiapkan dua prosesor untuk lawan Intel entry-level, yaitu Ryzen 3 dan Ryzen 5. Kedua prosesor ini dikabarkan akan menjadi prosesor pesaing yang takkan kalah dalam memberikan performa secara konstan.

AMD Renoir, Sumber: AnandTech

Perbedaan prosesor dengan codename Renoir-X ini dari saudaranya adalah ketersediaan yang tak dibatasi untuk pasar OEM. Dan berbicara codename, sangat besar kemungkinan bahwa prosesor ini merupakan refresh dari keluarga Renoir.

Selain itu, dengan tidak dibekalinya kedua prosesor ini dengan integrated graphics, besaran L3 Cache tentu akan semakin membesar. Bila ini memang merupakan prosesor refresh, banyaknya jumlah core dan thread yang ditanam pun juga masih mengikuti kakaknya.

Intel i3-10105F, Sumber: min.news

Melihat harga prosesor yang ditawarkan si merah saat ini, hampir tidak ada yang masuk kategori entry-level dengan harga yang melangit. Berbeda dari AMD, si biru Intel banyak menawarkan alternatif murah meriah dengan fleksibilitas yang menurut kami cukup banyak.

Kedua prosesor berbasis Renoir-X ini dikabarkan akan meramaikan pasar prosesor pada awal atau pertengahan tahun depan. Namun, bila AMD benar-benar ingin bersaing, dan kalahkan Intel, sepertinya si merah harus lekas meluncurkannya dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, AMD harus berani merilis kedua prosesor alternatif tersebut dengan masing-masing harga di kisaran 1 dan 2 Jutaan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version