AMD Radeon R9 Nano: VGA Mungil Bertenaga

in

Ukuran merupakan hal yang kurang penting pada kartu grafis, tetapi kita harus memilih ukuran yang pas jika ingin merakit CPU Mini ITX. Dan pada bulan Agustus mendatang, AMD akan merilis VGA Radeon R9 Nano, pilihan untuk di sektor Mini ITX.

AMD mengkonfirmasi peluncuran bulan Agustus, meskipun desainer chip tidak memberikan sebuah tanggal rilis yang pasti.

“Fury sudah diluncurkan pada bulan ini, dan kami akan meluncurkan Nano pada bulan Agustus”

pernyataan dari CEO AMD Lisa Su.

Radeon R9 Nano adalah sebuah VGA dengan Tinggi Bandwidth Memory (HBM). VGA ini hanya akan memiliki panjang sekitar 6 inci, yang lebih pendek dari Fury X dengan panjang 7.64 inci. Namun tidak seperti GPU Fury X, R9 Nano tidak akan memerlukan atau memakai liquid cooling untuk pendinginan.

Menurut WCCFTech, R9 Nano akan didasarkan pada Fiji XT dengan dua kali kinerja per watt dan dua kali kinerja AMD sebelum Radeon R9 290X.

Spesifikasi yang dikabarkan termasuk 16 render backends dari total 64 ROPs, 4.096 stream prosesor, dan 256 unit mapping tekstur. GPU ini akan memiliki clock speed sekitar 890MHz dan 4GB memori HBM yang akan berjalan pada kecepatan 500MHz pada 4.096-bit bus.

Apa yang sudah dijelaskan di atas adalah versi yang lebih kecil dan lebih lambat dari clock Fury X yang dapat dipasangkan ke sistem CPU Mini ITX. Bahkan, jika spesifikasi yang dikabarkan akurat, R9 Nano akan menjadi solusi grafis CPU Mini ITX tercepat.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]