AMD Radeon RX 6400 Bakal Meluncur dalam Waktu Dekat

Amd Rx 6400 Itx

Keseriusan AMD dalam “bermain” di pasar entry-level tampaknya benar-benar tak bisa diremehkan dan tak tertolong lagi. Seolah tak melihat banyak sekali sindiran terkait graphic processing unit (GPU) terbaru mereka 6500XT, muncullah varian baru bernama RX 6400. Hebatnya, AMD rencanakan bahwa GPU tersebut bakal meluncur dalam waktu dekat.

Solusi “Murah” dari AMD

Situasi di mana chip shortage masih merajalela tampaknya membutuhkan “usaha keras” untuk ditekan semaksimal mungkin. Salah satunya adalah AMD, yang mana baru-baru ini luncurkan RX 6500 XT, bakal luncurkan adiknya dalam waktu dekat.

Solusi “murah” yang ditawarkan kubu merah AMD sekilas memang tampak menggiurkan, namun potongan performa di sana-sini, buatnya butuh pertimbangan ekstra. Bayangkan, sudah tahun 2022 namun hanya tawarkan HDMI dan Display Port, berikut bus width sebesar 64-bit.

Seperti biasa, informasi ini kami dapatkan lalui seorang user Twitter @KOMACHI_ENSAKA, yang mana ia sertakan link database EEC.

https://twitter.com/KOMACHI_ENSAKA/status/1488511864342708224

Berdasarkan informasi di atas, tampak jelas bahwa solusi “murah” dari AMD tersebut adalah RX 6400 CLI 4G. Tentu, GPU dengan codename Navi 24 tersebut sebelumnya ditujukan untuk mobile alias laptop, namun tampaknya AMD berkehendak lain. Sama halnya dengan kakaknya, RX 6400 ini akan menyasar pasar desktop dalam waktu dekat.

Sumber: EEC

GPU dari kubu merah ini masih tawarkan memory 4GB GDDR6, dengan clock speed 2321MHz, lebih rendah dari kakaknya. Yang membuatnya sedikit berbeda adalah RX 6400 sama sekali tak membutuhkan kabel power untuk memastikannya berjalan dengan optimal. AMD katakan bahwa GPU ini hanya gunakan daya maksimal sebesar 50-an Watt.

Meski menyasar pasar desktop untuk meminimalisir chip shortage yang berlangsung, AMD RX 6400 dikabarkan hanya tersedia untuk OEM. Namun, tidaklah menutup kemungkinan bahwa GPU entry-level ini akan didistribusikan dengan cepat untuk gantikan stok lama, seperti AMD RX 550.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version