AMD RSR, Penerus Resmi dari Teknologi FSR?

Amd Rsr Adrenaline

Tahun baru tentu identik dengan sesuatu yang baru, tak terkecuali dengan teknologi. Melalui kanal Youtube-nya baru-baru ini, AMD tak hanya perkenalkan hardware serba baru. Selain prosesor tentunya, AMD kini persiapkan RSR, yang dikatakan penerus resmi dari teknologi sebelumnya yang bernama FSR.

Siap Hadir dalam Waktu Dekat

Kubu merah AMD tampaknya tak bisa berdiam diri untuk hadapi kompetitornya, NVIDIA dan Intel. Usaha kubu merah baru-baru ini mengudara, dan akan hadir dalam waktu dekat melalui driver 2022 Radeon Software Adrenaline.

Selain lihatkan AMD Link dan Privacy View, mereka seolah berikan jawaban atas implementasi teknologi yang dikembangkan oleh Intel dan AMD. Bernama Radeon Super Resolution (RSR), yang kembali menawarkan teknologi upscaling, namun diimplementasikan secara langsung pada driver.

Dalam video sneak peek yang di-upload oleh AMD, tampak keseriusan kubu merah untuk melawan para kompetitor.

Faktor yang paling menarik di sini adalah bahwa video tersebut menyatakan bahwa RSR mampu tambah performa sebanyak 70%. Besaran tersebut berdasarkan hasil dari benchmark pada salah satu MMO bernama Warframe.

Pada video yang di-upload di atas tadi, AMD pamerkan teknologi di mana terdapat peningkatan kekuatan dibanding native rendering. Terlihat bahwa resolusi utama yang dipakai pada game tersebut berada pada 1440P yang di-upscale ke resolusi 4K.

Namun, mereka tekankan bahwa peningkatan kekuatan berikut kualitas gambar dihasilkan akan dapat berbeda tergantung dari internal render resolution. Hal serupa dapat kita temui pada AMD FSR, dan NVIDIA Deep Learning Super Sampling (DLSS).

Bukan RTX ON, melainkan RSR ON, adalah gambar yang dipamerkan oleh kubu merah AMD ketika memamerkan teknologi terbarunya.

RSR dibuat berdasarkan AMD FSR, namun dengan implementasi yang lebih luas dan fleksibel. Radeon Super Resolution ini bekerja sama dengan memindahkan algoritma ke dalam graphic pipeline, berbanding terbalik dengan FSR.

Sayangnya, untuk mencicipi teknologi RSR, kamu harus memiliki GPU yang sudah mendukung RDNA atau RDNA2. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya implementasi teknologi ini akan lebih berkembang secara luas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version