AMD Ryzen 8000G Series Dibekali PCIE Lane Seadanya, Awas Bottleneck!

Amd Ryzen 8000g Series

Beberapa waktu silam, AMD memang telah resmi mengumumkan spesifikasi resmi dari AMD Ryzen 8000G Series, alias Phoenix Point yang akan menjadi prosesor AM5 pertama dengan grafis terintegrasi dengan kemampuan yang cukup mumpuni. Namun, kami mendapati kabar di mana prosesor ini hanya dibekali PCIE Lane seadanya. Benarkah?

Awas Bottleneck! AMD Ryzen 8000G Series Dibekali PCIE Lane Seadanya

PCIE Lane yang terkesan seadanya

Platform AM5 dari kubu merah AMD menjanjikan lompatan performa, baik itu komputasi dan olah visual yang dibarengi dengan efisiensi daya. Namun, tampaknya terdapat beberapa fitur atau kemampuan yang mau tak mau harus dipangkas untuk mewujudkan idealisme yang diinginkan oleh AMD.

Berdasarkan informasi yang kami lansir dari Wccftech, dikatakan bahwa semua prosesor AMD Ryzen 8000G Series hanya akan dibekali PCIE Lane 4.0×4 saja untuk kartu grafis diskrit, dan PCIE Lane 4.0×2 untuk penyimpanan M.2 NVMe – lumayan jauh dari ekspektasi kami yang seharusnya menawarkan setidaknya x16 untuk standar komponen terbaru.

Ada Dua Kelas Prosesor yang Berbeda!

Phoenix 1

Jumlah PCIE Lane seadanya tersebut, ternyata diperparah dengan adanya dua kelas prosesor yang berbeda. Di antaranya adalah Phoenix 1 yang mencakup AMD Ryzen 7 8700G dan AMD Ryzen 5 8600G, dan Phoenix 2 yang mencakup AMD Ryzen 5 8500G serta AMD Ryzen 3 8300G.

Masih berdasarkan temuan Wccftech, dijelaskan lebih lanjut bahwa terdapat selisih kemampuan PCIE Lane 4.0 antar keduanya. Di mana Phoenix 1 akan menawarkan PCIE Lane 4.0×8 dan 4.0×4 untuk penyimpanan, dengan dukungan dual-channel DDR5 sampai dengan 5.200MHz.

Phoenix 2

Di lain sisi, Phoenix 2 hanya menawarkan PCIE Lane 4.0×4 untuk kartu grafis diskrit, dan 4.0×2 untuk penyimpanan. Uniknya, prosesor ini hanya mendukung single-channel DDR5 dengan kecepatan maksimal 5.200MHz.

Dengan spesifikasi tersebut, besar kemungkinan kartu grafis diskrit akan mengalami bottleneck – sebuah kondisi di mana hardware tidak mampu berjalan secara maksimal dikarenakan limitasi dari software maupun hardware. Menurut pengamatan kami, selisih performa bisa berada di kisaran 20-60%, tergantung hardware.

Berapa Perkiraan Harga Prosesor AMD Ryzen 8000G Series?

Ilustrasi kotak AMD Ryzen 8000G Series

Walau saat ini terdapat bermacam spekulasi terkait harga prosesor AMD Ryzen 8000G Series, berikut adalah perkiraan harga prosesor berdasarkan sepak terjang kubu merah beberapa waktu belakangan ini:

Perlu dicatat bahwa harga di atas hanyalah estimasi berdasarkan informasi yang beredar di internet, dan bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Gimana menurut kalian, brott? Setelah melihat spesifikasi dan harganya, apakah kalian tetap tertarik untuk memiliki prosesor terbaru dari kubu merah?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version