AMD Sebut GPU dengan VRAM 4GB Tak Lagi Relevan, Sarankan Upgrade ke 6GB Atau Lebih

in ,
31498 52767 Radeon Rx 5700 L
31498 52767 Radeon Rx 5700 L

Menurut blog post yang ditulis oleh Adit Bhutani, spesialis marketing produk dari AMD, ia menjelaskan jika GPU dengan VRAM 4GB sudah tidak lagi cukup untuk gaming saat ini.

Dengan semakin tinggi dan detil tiap aset yang dihasilkan sebuah game khususnya dari studio kelas AAA, kebutuhan akan VRAM juga akan terus naik. GPU dengan VRAM 4GB mungkin masih sanggup untuk mengangkat banyak game sekarang khususnya jika tidak bermain di setting tinggi, namun baginya mempunyai GPU dengan VRAM ekstra akan jauh lebih aman.

Belum lagi dengan generasi console baru semakin dekat. Game mendatang setelah PS5 dan Xbox Series X rilis bisa dipastikan membutuhkan lebih dari 4GB VRAM, dan ia menyarankan gamer PC untuk segera upgrade GPU menjadi punya VRAM 6GB atau 8GB seperti RX570, RX580, RX590, dan seri RX 5000.

Iq3
Iq3

Bhutani berani berkata demikian karena PS5 dan Xbox Series X memiliki memori 16 GB bila dipadukan, maka besar kemungkinan game launching dan juga kedepannya dari kedua console itu akan memanfaatkan lebih dari 4GB untuk urusan tekstur. Tak harus jauh-jauh melihat ke generasi baru, game generasi sekarang saja telah memanfaatkan jumlah VRAM yang lebih tinggi..

“Beberapa rilisan [game] terbaru membuktikan bahwa adanya peningkatan performa dari mengganti Radeon 5500XT 4GB dengan Radeon 5500XT 8GB. Pada Doom Eternal, kartu dengan 8GB dapat jalankan game pada setting ultra nightmare (terbaik) pada 75 FPS (1080p). Sedangkan kartu dengan 4GB bahkan tidak mampu untuk jalankan setting itu. Melihat judul game lain seperti Borderlands 3, Call of Duty: Modern Warfare, Forza Horizon 4, Ghost Recond: Breakpoint, dan Wolfenstein 2: The New Collusus, ada peningkatan performa rata-rata 19% pada kartu yang sama tetapi dengan VRAM yang berbeda.”

Maka kesimpulannya ialah jika kamu ingin upgrade, langsung saja meloncat ke GPU dengan VRAM 8GB. Memang bakal sedikit meraup isi kantong lebih dalam namun akan bertahan lebih lama khususnya dengan console next-gen segera rilis.


Baca pula informasi lain terkait AMD beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.