AMD Umumkan HDMI FreeSync Support

amd stage apu 131

AMD umumkan bahwa mereka akan support beberapa variasi teknologi refresh yang mereka sebut dengan FreeSync Standard yang saat ini hanya masih mendukung DisplayPort, teknologi ini akan mulai mendukung HDMI pada awal tahun 2016. Adanya teknologi ini membuat mereka selangkah lebih maju dari NVIDIA G-Sync yang masih DisplayPort-Exclusive meskipun ada monitor G-Sync milik NVIDIA yang memiliki port HDMI, variasi refreshnya hanya bekerja melalui DisplayPort.

AMD juga mengumumkan bahwa mereka sedang menargetkan tingkat pencahayaan high dynamic range (HDR) pada 2000cd/m2 (candelas per meter persegi), sementara teknologi HDR saat ini masih mendukung antara 600-1200cd/m2. HDR adalah sebuah teknologi yang mampu menampilkan detil cahaya dan gambar yang indah baik di TV maupun di kamera. Mereka juga ingin menambah kemampuan warna dan kontras menjadi lebih baik lagi agar dapat menghasilkan gambar yang indah.

Monitor yang akan mensupport Next-Gen HDR tersebut akan hadir menjelang akhir tahun 2016 nanti. Radeon R9 GPU yang sekarang akan kompatibel dengan display tersebut pada tahun 2016 nanti untuk keperluan gaming. Sementara GPU AMD lain yang akan dirilis tahun 2016 nanti akan mendukung display tersebut baik untuk keperluan gaming maupun menonton film.

Exit mobile version