AMD Vega 12 Terkuak, Bakal Sekenceng Nvidia MX 250?

in , ,

Nggak bisa dipungkiri, penjualan ultrabook belakangan ini bisa dibilang lumayan sukses. Dengan form factor yang slim, ditambah performa yang cukup kencang buat main game-game casual menjadikannya laptop pilihan banyak kalangan. Kini, nampaknya performa laptop laptop tipis tersebut bakalan tambah kenceng lagi, karena kabarnya AMD lagi siapkan senjata baru yang rumornya bisa sekencang dedicated multimedia GPU.

Dilansir Notebookcheck, AMD disinyalir sedang siapkan APU Ryzen 4000 series berkode ‘Renoir’ yang memiliki fabrikasi 7nm. Seperti halnya di generasi-generasi sebelumnya, APU tersebut nantinya bakal dijejali iGPU AMD Vega. Namun, ada sedikit hal yang berbeda dalam APU generasi ini, yaitu iGPU tersebut memiliki kode “B12” dalam tech sheet nya.

Apa arti kode B12 tersebut? Rupanya, hal itu mengindikasikan jumlah compute cores yang bakal disematkan dalam iGPU tersebut. Bisa disimpulkan, AMD Renoir ini bakal punya iGPU Vega yang memiliki compute cores hingga 12 unit! Hal tersebut ngggak mengherankan, mengingat fabrikasi yang lebih kecil memungkinkan APU untuk dijejali compute cores yang lebih banyak.

Lalu gimana ekspektasi performa APU ini? well, jika ditilik dari kakak kakaknya yang rilis beberapa tahun lalu yaitu Vega 8 yang menjadi primadona di notebook dan ultrabook mid end, maka diasumsikan performa iGPU yang satu ini bakal lebih kencang 50%. Hal itu logis mengingat Vega 12 memiliki jumlah compute cores 50% lebih banyak ketimbang Vega 8.

Dan mengingat Vega 8 dengan konfigurasi memori yang cukup kencang bisa mendekati GT 940 MX, maka bisa dibilang jika klaim AMD yang bilang kalau Vega 12 bakal sekencang MX 250 bukanlah isapan jempol belaka.

Walaupun begitu, ada baiknya kita tunggu saja penawaran menarik dari AMD yang kabarnya bakal disiapkan pada bulan November ini. Pun belum diketahui berapa harga resmi yang ditetapkan geng merah atas APU berTDP 15 watt ini.

 

Source: Notebookcheck

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person