Amerika Putuskan Perpanjang Kontrak Sementara Dengan Huawei Demi Hindari Dampak Merugikan Beberapa Perusahaan

in ,

Setelah bulan Mei lalu Amerika mengumumkan bahwa tak lagi jalin kerjasama dengan Huawei dan berlanjut embargo terhadap semua Produk yang berasal dari Huawei yang diumumkan langsung oleh Presiden Donald Trump, Amerika akhirnya memutuskan memperpanjang Kontrak Lisensi terkait untuk 2 minggu mendatang.

Lisensi Kontrak kerjasama dengan Huawei seharusnya sudah habis sejak 19 Agustus lalu, namun Washington dengan tegas memohon perpanjangan selama 90 hari, sehingga kontrak tersebut habis menjadi tanggal 19 November 2019.

Namun masih banyak perusahaan di Amerika Serikat yang merasa akan terkena dampak merugikan, bukan hanya itu, mungkin beberapa daerah yang mash menggunakan teknologi Huawei sebagai penyedia 3G dan 4G akan dirugikan jika tidak mengambil keputusan untuk memperpanjang kontrak Lisensi dengan Huawei.

Informasi ini datang langsung dari Reuters dalam sebuah artikel yang diterbitkan Sabtu ini, dan juga New York Times. Menurut berita tersebut, “pengumuman perpanjangan akan pada hari Senin. Saat batas waktu kontrak sebelumnya akan kedaluwarsa ”. Gagasan ini diambil karena ingin mengurangi dampak merugikan di beberapa daerah dan perusahaan di Amerika yang masih menggunakan jasa Huawei, setidaknya proposal awal yang diinginkan adalah perpanjangan waktu selama 2 Minggu dengan Huawei sebelum kontrak itu habis.

Pada hari Jumat 15 November, Menteri Perdagangan AS mengumumkan di Fox Business Network bahwa banyak dari operator yang berlokasi di pedesaan ini memang masih memerlukan lisensi sementara untuk terus menggunakan teknologi Huawei untuk mendukung jaringan 3G dan 4G mereka. Sementara itu, Jaksa Agung AS mengatakan dia memiliki kekhawatiran tentang kelompok China dan mengatakan dia tidak mempercayai mereka karena sejarahnya.

Dengan perpanjangan 2 Minggu tersebut banyak yang mengharapkan terjadi pembahasan lanjutan terkait ‘Lisensi Sementara’ seperti permintaan Washington diatas yang bahkan bisa menembus waktu 3 Bulan dalam waktu perpanjangan Lisensi dengan Huawei. Amerika juga diketahui mengeluarkan kebijakan memberikan ‘Lisensi Khusus‘ bagi beberapa perusahaan yang terpercaya (Tidak dianggap mengancam) jika ingin melakukan kerjasama dengan Huawei.

Bisa dibilang dibalik gembar-gembor Embargo yang menimpa Huawei di Amerika Serikat, ternyata Amerika sendiri masih sangat kebingungan dan kewalahan jika Huawei langsung lepas tangan dari peranya di Amerika Serikat.


Sumber: Gizchina


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]