Amerika Segera Terapkan Aturan ISP Tak Bisa Lagi Tagih Sewa Router, Indonesia Kapan?

router

Sebuah undang-undang baru di Amerika akan segera muncul, salah satunya adalah undang-undang yang mnegatur tentang Jasa Layanan Internet. Undang-undang ini mengatur persyaratan minimum untuk perusahaan jasa penyedia layanan internet(ISP).

Dalam Rancangan undang-undang tersebut, disebutkan jika nantinya setiap perusahaan penyedia layanan internet/ Internet Service provider tak lagi diperbolehkan untuk memungut biaya tambahan berupa uang penyewaan router.

Untuk kalian ketahui, di Amerika, kamu akan dikenai biaya sewa router dan modem saat kamu berlangganan internet dari sebuah perusahaan penyedia layanan Internet. Kamu akan dikenai biaya sekalipun kamu menggunakan router milikmu sendiri. Besaran biaya sewa tambahanya sendiri juga cukup terbilang mahal, karena setiap bulan kamu akan dikenai biaya sebesar $10-$15. Peraturan ini nantinya akan berlaku mulai Juni 2020 mendatang.

Selain masalah biaya sewa router, undang-undang juga akan menetapkan “hak atas transparansi,” dimana, ISP akan diwajibkan untuk menyediakan daftar biaya layanan yang rinci kepada konsumen sebelum mereka menandatangani kontrak, serta daftar rinci pada tagihan tiap bulanya.

Konsumen juga akan memiliki hak untuk membatalkan kontrak mereka tanpa penalti, walau peraturan itu hanya berlaku untuk pelanggan baru saja, dan tak berlaku untuk yang sudah ada.

Dengan diberlakukanya peraturan ini tentu saja menjadi angin segar bagi para pelanggan internet itu. Karena mereka tak lagi harus membayar uang tersebut.

Di Indonesia, praktek penagihan uang sewa router dari perusahaan jasa penyedia layanan internet juga lazim. Setiap bulan, mereka akan menarik uang sewa dengan besaran mulai Rp.40 ribuan hingga Rp.50 ribuan. Tentu saja, hal ini cukup memberatkan bagi sebagian orang yang menjadi pelanggan jasa layanan internet tersebut.

Nantinya, apabila Indonesia juga akan menerapkan peraturan serupa, tentu saja akan menjadi angin segar. Karena kita tak perlu lagi membayar uang tambahan tersebut.

 

Sumber : PCGamer


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version