Sudah 6 bulan kita menjalani tahun 2021 ini. Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai negara membuat kita harus beradaptasi dengan normalisasi. Hal ini mempengaruhi berbagai sektor industri termasuk industri game seluler yang kian menurun. Maka dari itu, pasar industri game seluler di Asia Tenggara tidak biasa diabaikan begitu saja.
Jadi, bagaimana situasi iklan game seluler di Asia Tenggara pada pertengahan tahun 2021 ini? Apa saja permainan dan materi yang representatif? Berikut ini akan kami bahas menggunakan data yang diambil oleh banyak platform besar untuk mengomentari pertanyaan di atas satu per satu.
Daftar isi
Gambaran Iklan Game Seluler di Asia Tenggara
1. Pengiklan Bertahan Paling Kuat dan Upaya Periklanan telah Diperkuat secara Signifikan
seiring dengan semakin matangnya industri, mekanisme peninjauan pada setiap platform secara bertahap menjadi ketat. Pada saat yang sama estetika pemain game secara bertahap meningkat, game dengan kualitas buruk dan kasar menjadi semakin sulit untuk bertahan.
Menurut sejumlah data di BIG DATA pada semester pertama tahun ini, jumlah pengiklan di Asia Tenggara turun sekitar 17% dari semester pertama tahun 2020 yang lalu, yaitu hanya sekitar 10.300.
Namun melihat jumlah materi yang disampaikan, sudah meningkat 2,6 kali lipat dan jumlah total materi yang diserahkan pada paruh pertama tahun ini mencapai 7,5 juta. Dapat dilihat bahwa di bawah persaingan industri yang semakin ketat. Selain meningkatkan kualitas game mereka sendiri, penting juga untuk membuat materi iklan berkualitas tinggi dan meningkatkan penayangan.
Berdasarkan perspektif tren iklan, sebelum akhir Maret 2021 kemarin intensitas iklan menunjukkan tren kenaikan yang sangat jelas. Puncak iklan terkonsentrasi pada akhir Maret, jumlah orang yang beriklan dalam sehari bisa mencapai hampir 6.100 orang.
Nilai maksimum materi iklan dalam sehari melebihi 4 juta. Setelah memasuki bulan April, materi dan pengiklan menurun secara signifikan. Hingga saat ini, belum ada tren perubahan dari penurunan ke peningkatan.
2. Ke-6 Negara Memiliki Perbedaan Iklan yang Relatif Kecil, Thailand Sedikit Lebih Unggul dari Negara Lain
Pada paruh pertama tahun 2021, jumlah pengiklan di enam negara di Asia Tenggara atau jumlah materi yang disampaikan tidak jauh berbeda. Menurut data dari sejumlah besar platform besar, pasar Thailand berada di posisi terdepan di antara enam negara dengan keuntungan kecil dari 6,3 ribu pengiklan dan 4,1 juta dalam materi iklan. Jumlah pengiklan di lima negara lainnya di atas 5,5 ribu, dan jumlah materi dalam iklan juga di atas 3,4 juta.
3. Jumlah Pengiklan Game Ringan Mendominasi dan Game Jenis Strategi Adalah yang Paling Agresif
Dilihat dari sebaran jenis game, di antara para pengiklan di Asia Tenggara, pengiklan game ringan (game kecil) menyumbang proporsi yang relatif tinggi. Di antara mereka, pengiklan game kasual menyumbang 15,43%, proporsi pengiklan di game puzzle (game teka-teki) telah mencapai 11,91%.
Selain itu, permainan role-playing (RPG) selalu memiliki antusiasme tertentu di pasar Asia Tenggara. Oleh karena itu, jumlah pengiklan jenis game ini masih memiliki peringkat yang sangat tinggi, menyumbang sekitar 12,6%, dan berada di peringkat kedua.
Dilihat dari jumlah rata-rata materi yang diiklankan, game strategi memiliki proporsi tertinggi. Salah satunya karena biaya pengembangan game strategi relatif tinggi dan jumlah pengiklan relatif sedikit.
Alasan lain karena game strategi berkembang lebih matang di luar negeri, dan pengembang lebih bergantung pada iklan. Oleh karena itu, rata-rata jumlah materi yang disampaikan oleh setiap pengiklan jenis game ini mencapai 1145.
Analisis Pengiklan Populer Game Seluler
1. Distribusi Daftar: Game Seluler Idel Arks Mendominasi Daftar, Terutama Produsen Game dari China
Dalam daftar teratas, Idle Arks, Rise of Kingdoms, dan Ta Là Quan Lão Gia, semuanya memiliki terminal ganda iOS dan Android dalam daftar. Di antara mereka, Idle Arks double-ended menempati posisi teratas.
Dalam hal distribusi jenis permainan,selain dua game kasual idle BHome,5 game yang tersisa semuanya adalah game sedang hingga berat. Ini meliputi jenis permainan seperti SLG (Simulation Game), RPG, dan menembak.
Selain itu, lebih dari setengah peringkat teratas adalah pabrikan dari Cina. Dapat dilihat bahwa game seluler China memiliki penetrasi dan pengaruh yang relatif baik di pasar Asia Tenggara
2. Analisis Atas Nama Pengiklan: Idle Arks — Arah Utamanya adalah Pengiklanan dengan Channel FB dan Gaya Kreatif Iklan yang Kuat
Idle Arks: Build at Sea adalah game seluler bisnis simulasi yang diluncurkan oleh BHome, sebuah perusahaan game di China. Pemain akan diceburkan ke dalam laut dalam permainan dan harus hidup di laut. Dengan menyelamatkan korban lainnya, membuat bahtera, membangun kembali kota, menjelajahi peradaban yang tidak dikenal, dan menciptakan kembali kemakmuran masyarakat manusia.
Strategi penempatan dan kreativitas material Idle Arks secara keseluruhan relatif sederhana?sejalan dengan karakteristik iklan game kasual yang berbiaya rendah namun efisien? memiliki signifikansi referensi tertentu untuk jenis pengembang dan pengiklan game yang sama.
Selanjutnya, mari kita analisis secara singkat dari sudut pandang lokasi channel distribusi, fokus Idle Arks terutama pada channel Facebook. Proporsi pengiklanan antara semua channel pada dasarnya sama.
Dari perspektif tren peluncuran, Idle Arks meningkat dua kali lipat dari awal tahun hingga pertengahan Maret, dan dari akhir Maret hingga pertengahan Mei, jumlah pengiklanan material berada dalam tren menurun sejak pertengahan Mei.
Kreativitas periklanan selalu menjadi mata rantai yang sangat penting dalam konversi. Ide periklanan yang sangat baik dan inovatif dapat secara langsung menarik perhatian pengguna untuk mengunduh game. Dari perspektif kreativitas periklanan, Idle Arks menggunakan hampir semua materi video. Konten kreatif pada dasarnya adalah mode tampilan video + gameplay kecil, terutama termasuk tiga jenis berikut:
- Saat mau kiamat, bangun tempat tinggal di atas air.
- Video lucu jatuh ke dalam air + adegan permainan penyelamatan di air.
- Hidup di pulau terpencil.
Perkiraan Paruh ke-2 untuk Pasar Game Seluler di Asia Tenggara Tahun 2021
1. Jumlah Pengiklan Game Casual Masih Akan Memimpin
Pada paruh pertama tahun 2021, di antara pengiklan di Asia Tenggara, jumlah pengiklan game kasual memimpin setiap bulan, proporsi telah dipertahankan sekitar 15% untuk waktu yang lama.
Selain itu, biaya pengembangan game kasual lebih rendah daripada game menengah hingga berat, dan sebagian besar siklus pengembangan berlangsung singkat, game baru meningkat lebih cepat.
Di bawah normalisasi epidemi, kebutuhan pengguna untuk mengurangi stress meningkat, ketertarikan pada game kasual akan terus berlanjut untuk beberapa waktu.
2. Game Edukasi di Seluler Semakin Mendapat Perhatian
Di antara pengiklan populer di pasar Asia Tenggara, ada banyak permainan untuk tujuan pendidikan seperti musik dan perkembangan otak. Dikombinasikan dengan pertumbuhan pendidikan offline di bawah epidemi, diharapkan jenis permainan ini akan lebih dihargai dan diminati.
3. Channel Video Pendek seperti Tik Tok Berangsur-Angsur Meningkat
Meskipun pengiklan yang saat ini berjalan di Asia Tenggara masih lebih memilih saluran Facebook,tetapi pengaruh platform video pendek TikTok yang baru muncul juga menjadi semakin kuat. Semakin banyak pengiklan yang memilih untuk beriklan di platform ini.
Dilihat dari distribusi orang yang beriklan di platform Douyin di wilayah tersebut, saat ini, RPG, balap, aksi, dan game sedang hingga berat lainnya memiliki proporsi yang relatif tinggi. Saat ini, beberapa game ringan seperti game kasual telah mencoba platform ini.
4. Beragam Materi Kreatif Berkualitas Tinggi Menjadi Cara Penting untuk Mendapatkan Pelanggan
Dilihat dari data pada paruh pertama tahun ini, volume iklan pengiklan di Asia Tenggara meningkat. Mempertimbangkan lingkungan kompetitif saat ini di pasar game seluler, diperkirakan pada paruh kedua tahun ini, semua perusahaan akan lebih meningkatkan upaya periklanan mereka.
Selain itu, persaingan mengarah pada diversifikasi dan kreativitas periklanan berkualitas tinggi akan menjadi salah satu cara penting untuk mendapatkan pelanggan. Pengiklan akan meningkatkan investasi mereka dalam kreativitas periklanan selain memperluas pembelian dan pemasaran.
Berdasarkan analisis di atas dan hasil Analisa socialpeta, industri game seluler di Asia Tenggara masih booming. Persaingan semakin ketat. Bagaimana produsen besar akan menyusun strategi periklanan mereka sendiri, mari kita tunggu dan lihat.
Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Mobile atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com