Android Q Beta 2 Berikan Fitur Baru Berupa Bubble Notification Dan Banyak Lainya

in , ,

Setelah beebrapa waktu lalu Google secara resmi memperkenalkan versi terbaru dari Android yaitu versi Android Q yang masih dalam tahap beta, kini mereka nampaknya memberikan update keduanya. Kita tahu bahwa pada Android Q ini nampaknya Google memberikan banyak pembaharuan APIs untuk para developer dan ada hal menarik lainya yaitu ditambahkanya fitur bubble notification secara resmi menjadi default pada sistem di Android Q ini.

Fitur bubble notification ini sebenarnya mirip dengan yang ada di Facebook Messenger. Mereka memungkinkan kamu untuk  membaca notifikasi tanpa menggeser panel notifikasi dan memudahkanmu dalam menjalankan multi-tasking.

Google sendiri mengakui bahwa beberapa aplikasi telah membuat bubble notification sendiri, tetapi dengan Android Q perusahaan mengharapkan fungsi ini diadopsi oleh pengembang secara konsisten.

Jika dipikir-pikir bubble notification ini sangat membantu, karena dengan adanya buuble notification akan membuatmu lebih cepat dalam membalas sebuah pesan tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu, kemudian mereka juga akan memudahkanmu dalam melihat notifikasi dan mungkin task yang sedang kamu lakukan, seperti panggilan telepon atau sekedar melihat pesan.

Selain fitur bubble notification masih ada peningkatan dengan APIs dan perubahan lainnya untuk para developer, termasuk perubahan tentang bagaimana aplikasi dapat mengakses storage dan emulator smartphone.

Menurut informasi yang dilansir dari XDA-Developer, update kedua ini telah tersedia untuk semua ponsel keluaran Google yaitu Pixel, dimana semua seri dari Google Pixel akan mendapatkan update ini, mulai dari Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan yang terakhir Pixel 3 XL. Update beta ini juga mencakup security patch April terbaru serta peningkatan stabilitas dan ditetapkan sebagai beta terakhir sebelum Google I / O 2019, akan diselenggarakan pada 7 – 9 Mei.

 

Featured image credit : Digitaltrends

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dan game dari Rizki

Rizki

Written by Rizki

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]