Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Segera Sambangi Dunia Esports

afcaewda 1

Setelah beberapa minggu yang lalu dunia dikejutkan dengan hadirnya tim esports dari restoran cepat saji besutan alm. kolonel Sanders, yaitu KFC Gaming, kini hal yang lebih tidak terduga lagi adalah angkatan bersenjata negara Amerika Serikat (AS) yang juga segera ikut andil dalam dunia esports.

Dilansir dari Stripe (via PC Gamer), hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk usaha pihak militer AS dalam mendorong minat para pemuda Amerika untuk bergabung dan menempuh karir sebagai bagian dari angkatan bersenjata AS. Pihak militer AS akan mengirimkan tim esportsnya ke berbagai turnamen yang sedang berlangsung, dimana hal ini diharapkan dapat membangun awareness dan image militer Amerika Serikat yang tidak ketinggalan zaman.

Salah satu alasan kuat mengapa militer AS memutuskan untuk terjun dalam dunia esports adalah target perekrutan tahunan mereka yang tidak terpenuhi. Oleh karena itu, pihak militer AS juga akan membuka perekrutan untuk menjadi bagian dari militer AS pada turnamen-turnamen esports, bersamaan dengan tim esports yang mereka kirim.

Pasukan AS yang mengiktui turnamen Street Fighter di German bulan Juli lalu

Pihak militer AS beberapa waktu yang lalu juga membuka sesi tanya jawab atau sesi AMA di Reddit, dimana mereka menjelaskan berbagai rencana dan harapan tim esports yang mereka buat kedepannya. Selain itu mereka juga menjelaskan bahwa tim esports militer AS terbatas untuk anggota militer yang sudah mengikuti berbagai pelatihan militer selama bertahun-tahun.

Namun mereka juga menjelaskan bahwa ada kesempatan bagi veteran perang maupun warga sipil untuk berkontribusi, seperti melakukan beta testing terhadap berbagai aplikasi dan software simulasi yang pihak militer AS pakai. Beberapa diantaranya, pihak militer AS juga melakukan kerjasama dengan developer dan publisher untuk menciptakan simulasi dalam bentuk game, kamu mungkin pernah mendengar game Command Modern Air/Naval Operations dan America’s Army: Proving Grounds.



Terlepas dari optimisme militer Amerika Serikat akan minat pemuda Amerika menjadi bagian dari angkatan bersenjata, hadirnya tim esports ini nampaknya akan membangun suasana baru dalam dunia esports kedepannya. Nah, kira-kira angkatan bersenjata Indonesia akan melakukan hal yang sama nggak ya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Esports atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version