Anthem Awalnya Mau Dirilis sebagai Game Free to Play, tapi Tidak Jadi


Follow Us

Menganggap berbayar jauh lebih adil

Melihat fakta bahwa Anthem adalah sebuah game yang dikerjakan melalui proses yang boleh dibilang bermasalah, tentu bukanlah hal yang mengejutkan jika game wajib online ini malah hadir dalam hasil yang kurang untuk diekspektasikan, apalagi dalam skala ukuran game yang nyatanya dipasarkan secara full rilis dan berbayar dalam standar proyek bisnis game AAA ($60+).

Nulis artikel dibayar

Hal tersebut secara tak sadar juga sukses memunculkan bermacam-macam impressi, terutama yang menunjukan bagaimana nasib game Anthem apabila dipasarkan secara gratis atau free to play ? Percaya tak percaya, berdasarkan wawancara eksklusif yang telah diungkap oleh pihak Edge Magazine di bulan Febuari kemarin, Bioware ternyata justru sangat mempertimbangkan sekali hal itu.

BACA JUGA  EA Revisi Spesifikasi Jedi: Fallen Order, Tak Lagi Rekomendasi RAM 32 GB

Jonathan Warner, selaku director sempat mengatakan bila para timnya sempat ingin berdiskusi tentang boleh tidaknya Anthem untuk dipasarkan sebagai game free to play. Namun, rupanya EA nampak sama sekali tidak menyetujui dan menganggap bahwa hal tersebut bukanlah suatu arah yang sedang ingin mereka tuju.

Pada akhirnya, kita semua tahu bahwa Anthem adalah game online berbayar yang memang tetap punya semacam layanan microtransaction, namun yang seutuhnya bersifat kosmetik dan tidak mempengaruhi gameplay. Beragam currency-currency dalam in game-nya pun juga bisa digrind sekaligus digunakan untuk membeli item-item kosmetik tersebut. Para tim Bioware sendiri akhirnya berkesimpulan bahwa ini adalah model bisnis yang paling tepat bagi Anthem.

BACA JUGA  Spesifikasi PC Call of Duty Modern Warfare Butuhkan 175GB HDD

Keengganan EA untuk tidak merestui Anthem menjadi game gratisan juga dijelaskan secara lebih lanjut oleh Ben Irving selaku Kepala Produser. Beliau meluruskan bila sebuah game free to play sangatlah beresiko dan membutuhkan semacam modal bisnis yang krusial ketika hendak melanjutkan sesi-sesi keberlangsungan konten di dalamnya. Ia juga mengkritik bila sebagian besar pemain di era dewasa ini cenderung pelit dalam mengalokasikan hasrat hobi mereka.

Sehingga dengan menyesuaikan Anthem sebagai game berkelas AAA, Bioware melalui Ben Irving berharap agar para pemain bisa merasa lebih nyaman dan tidak terbeban untuk memberikan bayaran di muka terlebih dahulu. Dimana hal itu pun pastinya juga harus didukung oleh beragam jaminan konten DLC yang seluruhnya bersifat gratis, beserta dengan item-item opsional yang bisa didapat hanya dengan bermain saja.

BACA JUGA  Rasakan Kengerian Malam Kings Canyon di Event Halloween Fight or Fright Apex Legends

Game Anthem sendiri sekarang telah lama dirilis sejak tanggal 22 Febuari lalu untuk platfrom PC (via Origin), PS4, dan Xbox One.

Sumber: Edge Magazine (via Gamesradar)


Baca pula informasi lain terkait Anthem, beserta dengan kabar-kabar menarik lain seputar video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item