YouTube Mulai Blokir AdBlocker, Gak Bisa Skip Iklan!

Youtube Mulai Blokir Adblocker 2023

Kabar tidak mengenakkan buat kalian yang selalu menonton YouTube dengan pemblokir iklan, karena kini YouTube mulai blokir AdBlocker. Dikatakan platform tersebut akhirnya mengambil langkah berani guna menjaga ekosistem di platform yang mereka kelola tetap terjaga dan menghasilkan untuk para kreator.

YouTube Mulai Blokir AdBlocker, Gak Bisa Skip Iklan!

User bakal “dipaksa” untuk nonton iklan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia internet menawarkan banyak sekali hiburan. YouTube adalah salah satu tempat di mana netizen mencari bermacam konten yang menarik, entah untuk sekadar mengusir kebosanan, mencari referensi pembelajaran, sampai mencari cara merakit komputer secara otodidak.

Salah satu cara YouTube meraup keuntungan adalah dengan menampilkan iklan secara acak pada video yang ditonton. Namun, bukan rahasia umum kalau mayoritas user memasang AdBlocker yang pastinya secara tidak langsung mematikan pendapatan dari YouTube itu sendiri, dan hal ini sudah terjadi sejak dahulu kala.

Tidak bisa memutar konten sebelum mengizinkan iklan untuk ditonton

Berdasarkan temuan AndroidAuthority, semenjak YouTube blokir AdBlocker dan memaksa para netizen untuk menonton iklan dengan durasi yang beragam sebelum konten dapat dimainkan. Tentu saja hal ini langsung menuai amarah para netizen karena durasi iklan tersebut termasuk lama, yaitu 30 detik.

Bagaimana tidak, netizen yang biasanya langsung dapat menonton bermacam konten pada platform tersebut, kini dipaksa untuk menonton setidaknya tiga iklan sebelum dapat menonton konten yang mereka inginkan. Setelahnya, mereka tidak lagi dapat menonton konten apapun sebelum menonaktifkan pemblokir iklan yang terpasang pada browser.

YouTube Blokir AdBlocker, Sudah Dilakukan dari Dulu

Kalau kita mengacu pada informasi yang dibeberkan oleh AndroidAuthority, sebenarnya aksi YouTube mulai blokir AdBlocker ini sudah dilakukan semenjak bulan Juni 2023  silam. Namun, kala itu platform tersebut berdalih dengan mengatakan bahwa yang mereka lakukan hanyalah kejahilan eksperimen kecil yang masih berlaku di sejumlah negara.

“Saat kamu memblokir iklan di YouTube, artinya kamu telah melanggar kebijakan yang kami berlakukan. Bila kamu gunakan AdBlocker, kami akan mengirimkan notifikasi untuk mengizinkan iklan atau membayar biaya langganan YouTube Premium. Namun, bila kamu tetap bersikeras gunakan AdBlocker, kami akan memblokir pemutaran video.”

YouTube
Kalau gak nonton iklan langsung melanggar ketentuan yang berlaku!

Setelah kami coba mengulik lebih dalam, ternyata hal tersebut sudah ditegaskan melalui pengumuman resminya di sini. Di mana tertuang informasi di mana hal ini akhirnya diberlakukan di semua negara, setelah sebelumnya hanya berlaku untuk sebagian negara.

Waduh, gimana menurut kalian terkait masalah ini, brott? Apakah tindakan YouTube blokir AdBlocker ini meresahkan, atau kamu malah merasa biasa saja? Yuk, komentar di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version